Mohon tunggu...
Siti Marwanah
Siti Marwanah Mohon Tunggu... Guru - "Abadikan hidup melalui untaian kata dalam goresan pena"

"Tulislah apa yang anda kerjakan dan kerjakan apa yang tertulis"

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ekosistem Sekolah dan Peran Seorang Pemimpin dalam Mengelola Sumber Daya

18 September 2021   13:51 Diperbarui: 18 September 2021   14:10 16563
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Mulai dari diri modul 3.2
Pada sesi ini, Anda akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal Anda tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya sekolah.

* Ingatlah kembali sosok pemimpin yang pernah Anda tahu selama berprofesi sebagai guru, seperti apakah sosok pemimpin yang Anda ingat itu? Hal apa yang paling Anda ingat dari sosok pemimpin tersebut?

Saya pernah memiliki sosok pemimpin yang apa adanya, sederhana, bersahaja namun mengayomi. Bagi beliau kepala sekolah dan guru merupakan satu tim. Untuk mendapatkan hasil maksimal maka tim itu harus solid. Kesolidan bisa terbina jika dalam diri masing-masing individu itu terbina hubungan kekeluargaan. Rasa kekeluarga ini sangat terasa, segala sesuatu didiskusikan dan dilakukan secara bersama-sama. Jika salah satu mendapat musibah, maka yang lain akan memberikan motivasi, dorongan serta penguatan baik secara moril maupun materil.

* Setelah mengingat sosok pemimpin yang Anda tahu, menurut Anda pribadi seperti apakah sosok pemimpin yang ideal? Apa saja sebetulnya tugas seorang pemimpin?
 Menurut saya sosok pemimpin yang ideal  adalah Pemimpin yang cerdas, bijaksana, peka tehadap hal-hal sekitar, mampu berfikir luwes, memiliki ide-ide yang cemerlang, mengayomi, berinisiatif, bertanggung jawab menanggung resiko dari setiap keputusan yang diambil, memiliki keteladanan serta bisa dipercaya serta jujur.

* Masih ingatkah kita apa yang dimaksud dengan ekosistem saat belajar Biologi dulu?  Apabila kita menganggap sebuah sekolah adalah sebuah ekosistem, apa sajakah faktor-faktor yang memengaruhi ekosistem sekolah? Tuliskan pada kolom di bawah ini.

Sekolah sebagai sebuah ekosistem dilengaruhi oleh dua faktor yaitu biotik dan abiotik. Dimana faktor biotik itu terdiri dari semua unsur mahluk hidup yang ada di sekolah tersebut seperti kepala sekolah, guru, murid, petugas TU, orang tua, komite dan sebagainya. Sedangkan faktor abiotik terdiri dari sarana dan prasarana yang ana di sekolah seperti laptop, spidol, Atk, gedung sekolah dan lain sebagainya.

Kedua faktor tersebut akan saling mempengaruhi dan memiliki keterkaitan satu sama lain.

* Apa yang Anda ketahui tentang peran seorang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya di sekolah?  Apa saja sumber daya yang dimiliki oleh sekolah?
Sumber daya yang dimiliki oleh sekolah antara lain sumber daya manusia, sumber daya keuangan, sarana prasarana, peralatan, infrastruktur, kurikulum, gedung sekolah.
Peran yang harus dilakukan sebagai seorang pemimpin dalam mengelola  sumber daya tersebut adalah seorang kepala sekolah harus bisa memastikan bahwa semua kebutuhan guru yang terkait dengan proses pembelajaran harus tersedia dan memadai, kelengkapan sarana prasarana, fasilitas serta peningkatan kompetensi guru juga harus menjadi perhatian serius.

* Bagaimana Anda menggambarkan posisi diri Anda dalam ekosistem sekolah? Berikanlah gambaran diri Anda dengan menyebutkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki dalam pengelolaan sumber daya sekolah.
Peran guru dalam ekosistem sekolah adalah seorang guru tidak hanya bertugas mentransper ilmu pengetahuan kepada siswa. Namun guru dituntut juga untuk mendidik, menuntun, membimbing para siswa guna menemukan kemandirian, mengembangkan potensi yang dimiliki sehingga dikemudian para siswa bisa menjadi generasi yang berguna baik bagi keluarga, agama, Nusa dan bangsa.

* Apa saja harapan pada diri Anda sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

Harapan saya ke depan setelah mempelajari modul 3.2 ini
Diri sendiri: mampu mengelola sumber daya yang ada disekolah, mampu membuat Strategi pengelolaan sumber daya, mampu memetakan sumber daya yang ada di sekolah, dan mampu menganalisis sejauh mana potensi kekuatan sumber daya yang dimiliki sekolah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun