Mohon tunggu...
Siti Marwanah
Siti Marwanah Mohon Tunggu... Guru - "Abadikan hidup melalui untaian kata dalam goresan pena"

"Tulislah apa yang anda kerjakan dan kerjakan apa yang tertulis"

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

5 Tips agar Tidak Keliru Memilih Sekolah Lanjutan

18 Juli 2021   07:58 Diperbarui: 18 Juli 2021   08:01 52 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Tips agar Tidak Keliru Memilih Sekolah Lanjutan
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hai sobat, apa kabar! Semoga saat pandemi sekarang ini kondisi kita baik-baik saja, tidak terpapar oleh virus yang melanda hampir seluruh penjuru dunia.

Mungkin saat ini sobat semua sedang duduk di kelas 9 jenjang SMP/MTS. Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi informasi terkait hal-hal yang perlu kita lakukan dari sekarang sebelum para sobat memilih sekolah lanjutan nantinya saat lulus dari SMP/MTs.

Baca terus ulasan di bawah ini agar para sobat tidak keliru dalam memilih sekolah lanjutan.

Hal-hal yang perlu sobat siapkan sebelum memilih sekolah lanjutan.

1. Kenali kelebihan dan kekuatan diri
Masing-masing kita memiliki kelebihan yang sudah dianugrahkan Sang Pencipta kepada setiap hambanya. Kelebihan yang dimiliki oleh setiap manusia merupakan sumber kekuatan terbesar yang dimiliki oleh setiap orang, selama dia mampu mengelola kelebihan tersebut.

Mungkin diantara sobat, ada yang memiliki kemampuan intelegensi tinggi. Hal ini bisa diketahui jika para sobat semua memiliki kemudahan dalam memahami pelajaran yang diberikan oleh guru bidang studi dan hasil yang diperoleh sangat memuaskan.

Namun jangan berkecil hati dulu, jika sobat tidak termasuk golongan di atas. Mungkin saja sobat semua memiliki kelebihan dalam bidang non akademik. Seperti dalam bidang olahraga, keterampilan, bahasa, acting, menyanyi, menari, pidato, bercerita, menulis, memasak, menggambar, memperbaiki peralatan elektronik yang rusak, montir dan lain sebagainya.

2. Jangan memaksakan diri untuk mendapatkan nilai dari sesuatu yang tidak kita sukai

Jika sobat semua tidak bisa mendapatkan nilai 9 Dimata pelajaran matematika, bahasa Inggris atau mata pelajaran lain yang sobat anggap sulit. Jangan paksa diri untuk mendapatkan nilai tersebut. 

Namun tetap berusaha untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru bidang studi. Namun maksimalkan usaha sobat semua untuk mempelajari mata pelajaran yang sobat senangi. Misalnya sobat menyenangi pelajaran olahraga, SBK, IPS, atau pelajaran lainnya. Bisa jadi pelajaran inilah yang bisa membawa masa depanmu akan gemilang.

Atau para sobat memiliki kemampuan non akademik yang bagus. Para sobat bisa mengasahnya dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah tersebut. Karena bisa jadi justru hal itulah yang bisa mendongkrak prestasi sobat semua nantinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN