Mohon tunggu...
Siti Marwanah
Siti Marwanah Mohon Tunggu... "Abadikan hidup melalui untaian kata dalam goresan pena"

"Tulislah apa yang anda kerjakan dan kerjakan apa yang tertulis"

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pembukaan Lokakarya Perdana Pendidikan Guru Penggerak (CGP)

10 April 2021   19:29 Diperbarui: 16 April 2021   12:56 172 2 0 Mohon Tunggu...

Sabtu, 10 April 2021 kegiatan lokakarya perdana untuk calon guru penggerak (CGP), angkatan 2 untuk wilayah Kabupaten Lombok Barat dilaksanakan di Aruna Resort & Convention, Senggigi yang diselenggarakan oleh P4TK PKn dan IPS.

Kegiatan lokakarya yang akan diadakan satu hari penuh ini diikuti oleh 105 orang yang berasal dari unsur Dinas Kabupaten Lombok Barat, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, Pengajar Praktik dan Calon Guru Penggerak yang dinyatakan lulus setelah mengikuti beberapa tahapan seleksi guru penggerak yang dilakukan oleh Kemendiknas.

Keantusiasan peserta sudah tampak terlihat sejak para peserta mulai mengisi biodata yang disiapkan oleh panitia. Tepat pukul 08.45 WITA kegiatan pembukaan lokakarya perdana dilakukan di Aula Ball Room. Kegiatan dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya secara bersama-sama. Kemudian dilanjutkan dengan pengarahan dari perwakilan P4TK PKn dan IPS yang disampaikan oleh Bapak Mujiono.

Beliau menyampaikan beberapa hal penting diantaranya:
1. CGP angkatan 2 ini wilayah yang menjadi binaan P4TK PKn dan IPS berasal dari Jatim, NTB dan Maluku berjumlah 651 orang.
2. Kegiatan CGP dilakukan selama 9 bulan mulai dari  10 April 2021 sampai 2 Desember 2021.
3. Program guru penggerak merupakan kegiatan Kemendiknas. Dimana harapan kedepan adalah membentuk Pelajar Pancasila. GP sebagi pemimpin pembelajaran dalam Merdeka Belajar diharapkan bisa menggerakkan ekosistem pendidikan dan mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid.
4. Dinas dan kepala sekolah sengaja dilibatkan dalam program ini diharapkan agar bisa mendukung kegiatan ini dan bisa mengenal program CGP secara menyeluruh.

Hari Selasa, 13 April 2021 akan dilakukan pembukaan guru penggerak secara Daring secara Nasional yang akan dihadiri oleh Bapak Menteri Pendidikan Mas Nadiem Makarin.

Setelah lokakarya maka akan dilanjutkan post tes secara daring. Pada saat kegiatan lokakarya ada kegiatan monef dari fasilitator serta dari P4TK. Selama pelaksanaan kegiatan CGP akan dilaksanakan Lokakarya selama 10 kali.

Selanjutnya Pengarahan dari Kabid GTK Dinas Pendidikan Kab. lobar Bapak Akhmad Sujai, S.Pd, M.Pd. Beliau memaparkan materi kebijakan Dinas Dikbud Kab. Lombok Barat dalam mendukung program pendidikan Guru Penggerak. Beliau memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada P4TK PKn dan IPS atas kerjasamanya selama ini dalam meningkatkan mutu pendidikan di Lombok Barat tidak hanya guru Penggerak tapi banyak kegiatan sebelumnya yang selalu bekerjasama dengan P4TK PKn dan IPS seperti guru pembelajar, PKP dan sekarang Guru Penggerak.

Tidak lupa Pak Kabid memaparkan Kebijakan Dinas Dikbud Lobar dalam mendukung Program PGP:
1.Mensosialisasikan PGP kepada pengawas, kepala sekolah dan guru-guru melalui MGMP.
2. Memfasilitasi dan mendukung penuh pelaksanaan program PGP
3. Membentuk Komunitas Guru Penggerak
4. Mengalokasikan anggaran untuk mendukung terlaksananya program PGP melalui dana APBD
5. Memusatkan kegiatan PGP di Pusat Belajar Guru (PBG)
6. Peraturan bupati (Perbup) sehingga mengikat.

Demikian Kegiatan pembukaan lokakarya perdana Calon Guru Penggerak (CGP) angkatan 2 untuk wilayah Kab. Lombok Barat, Provinsi NTB. Kegiatan dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Musnah.

VIDEO PILIHAN