Mohon tunggu...
Siti Marwanah
Siti Marwanah Mohon Tunggu... Syukuri apa yang ada

Allah tahu yang kita butuhkan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Trik agar Anak Tetap Mau Mengerjakan Tugas Sekolah di Masa Pandemi

26 November 2020   20:26 Diperbarui: 26 November 2020   20:48 13 2 0 Mohon Tunggu...

Masa pandemi sekarang ini, sering sekali kita mendengar orang tua, khususnya ibu-ibu mengeluh dengan kondisi anak-anak yang sudah


Hal seperti ini seperti lingkaran setan yang tak akan pernah ada habis-habisnya dan tidak akan membuat keadaan lebih baik. Untuk menghindari kondisi saling menyalahkan seperti ini, ada baiknya setiap pihak saling mengoreksi diri sendiri menurut perannya masing-masing.

Pemerintah sebagai pengambil kebijakan harus melihat perubahan masyarakat. Kalau anak tetap saja belajar dari rumah, maka bisa dipastikan mereka tidak bisa menjadi generasi unggul, berprestasi atau menjadi generasi emas seperti harapan pemerintah sekian tahun ke depan. Mungkin ada beberapa siswa yang menonjol, namun persentasenya sangat kecil, bila dibandingkan dengan jumlah siswa yang wajib belajar.

Guru sebagai pengajar dan pendidik hendaknya dalam memberikan tugas, tidak hanya sekedar memberikan tugas tanpa ada penjelasan materi kepada para siswa. Materi diberikan bisa berupa video pembelajaran, bisa lewat zoom atau mendatangi para siswa ke wilayah tempat tinggalnya secara berkelompok untuk menghindari perkumpulan banyak orang dalam skala besar.

Sebagai orang tua, juga perlu evaluasi diri. Saat meminta anak menyelesaikan tugas sekolah yang diberikan oleh guru, jangan hanya sekedar menyuruh, memerintah. Agar anak tetap mau mengerjakan dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, sebagai orang tua perlu melakukan pengontrolan dengan cara orang tua menunggu dan duduk di dekat di anak.

Walaupun orang tua tidak paham dengan materi yang dipelajari sang anak. Dengan begitu sang anak akan merasa tetap dipantau serts diperhatikan oleh orang tuanya dan itu bisa menjadi motivasi instrinsik anak untuk menyelesaikan tugas yang diberikan bapak/ibu guru.
Minimal orang tua bisa memberikan pengarahan, saran kepada sang anak, bagaimana caranya menemukan jawaban dari tugas tersebut.

Ketiga unsur tersebut,  pemerintah, guru dan orang tua harus saling mendukung, memberi motivasi terlebih dalam masa pandemi sekarang ini. Supaya apa yang menjadi harapan semua pihak bisa mencetak generasi emas bisa terwujud sesuai dengan harapan.

VIDEO PILIHAN