Mohon tunggu...
marwah alika salim
marwah alika salim Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gladi Hominisasi Unpar

10 Desember 2022   13:23 Diperbarui: 10 Desember 2022   13:38 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS


GLADI HOMINISASI UNPAR

Jadi Unpar memiliki suatu kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswanya. Kegiatan ini bernama gladi harmonisasi. Tujuan diadakan nya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas diri seperti cara beradaptasi dengan lingkungan baru, menyusun presentasi dan berbicara didepan banyak orang. Dan juga didasarkan oleh nilai dasar Unpar. Yang bertujuan menanamkan nilai nilai sipritualitas kepada seluruh mahasiswanya.

Sebelum acara, para mahasiswa diberikan tugas pra geladi yang berupa mengalisis video dengan tema yang diberikan. Setelah menonton video tersebut, akan diberikan pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab berdasarkan hasil analisis sendiri. Setelah mengerjakan tugas pra geladi, baru acara geladi harmonisasi diadakan. Meski acara nya diadakan secara online via zoom meet, tetapi acaranya tetap berjalan secara kondusif. Diawal acara ada penyambutan dari dosen-dosen unpar. 

Kemudian kita diarahkan ke breakroom kelompok masing-masing untuk berkenalan. Setelah berkenalan selama 15 menit, kita diarahkan kembali ke mainroom dan kemudian dijelaskan materi dan tugas presentasi. Materi yang diberikan ditujuan untuk membimbing kita agar bisa membuat presentasi yang ada nilai-nilai dari berpikir kritis. Setelah menyimak materi, saya jadi mendapat gambaran bagaimana cara membuat presentasi yang menarik dan mencangkup tema yang diberikan. 

Kemudian kita diberikan waktu 45 menit untuk menyusun presentasi dengan teman satu kelompok. Memang cukup menantang untuk menyusun presentasi dengan orang orang yang baru saya kenal. Namun kegiatan ini mendorong saya untuk mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Setelah persiapan presentasi selelsai, kita diberikan waktu 6 menit untuk presentasi. Presentasi kelompok saya berjalan dengan baik meskipun tidak memenangkan juara pertama. Tetapi saya merasa puas dengan hasil dan kontribusi yang saya berikan kepada kelompok saya. Saat acara geladi harmosasi selesai, kita diberikan tugas pasca geladi. Tugas tersebut memberi 2 pilihan. Saya memilih tugas narasi/deskriptif seperti tugas berikut ini.

Menurut saya, kegitan gladi harmonisasi ini sangat bermanfaat bagi saya karena setelah mengikutinya wawasan saya bertambah, relasi saya bertambah banyak, dan meningkatkan peduli saya dengan sesama manusia yang humanum. Dan manfaat ini bisa saya terapkan dalam kegiatan kuliah saya sehari hari. Seperti kemampuan saat berpikir, berbahasa, dan berwarganegara.

Link kompasianan :

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun