Mohon tunggu...
Martua Intan
Martua Intan Mohon Tunggu... Pemerhati Lingkungan Hidup

Dilahirkan di Pontianak. Pernah tinggal di Australia hampir 9 (sembilan) tahun. tertarik dengan lingkungan hidup, khususnya tentang pelestarian sumber air dan peduli dengan dampak penambangan di tanah borneo.

Selanjutnya

Tutup

Bola

Akankah Italia, Belgia, dan Belanda Sempurna dengan Mengalahkan Lawannya di 16 Besar (Bagian 1)

24 Juni 2021   15:37 Diperbarui: 24 Juni 2021   15:42 150 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Akankah Italia, Belgia, dan Belanda Sempurna dengan Mengalahkan Lawannya di 16 Besar (Bagian 1)
images: kompas.com

Kejuaraan piala Eropa 2020 yang dimulai 11 Juni 2020 mulai sabtu ini akan memasuki babak 16 besar. Fase ini menggunakan sistem gugur, setelah 2 x 45 menit bila hasil masih berimbang dilanjutkan 2 x 15 menit, dan hasil masih sama akan diadakan adu penalti.

Selama babak penyisihan grup hanya ada 3 negara yang memenangkan semua pertandingan alias meraih hasil maksimal. Ketiga negara tersebut adalah Italia (grup A), Belgia (B) dan Belanda (C). Kalau dari pengalaman ke tiga negara dapat menyelesaikan pertandingan dengan waktu normal (2 x45 menit) dan ini akan sangat berharga di 16 besar.

Mari kita lihat siapa lawan ke tiga negara ini di perempat final. Dan apakah hal ini berlanjut di fase gugur ini.

Italia vs Austria

Pertandingan akan digelar pada dini hari (02.00 WIB), Mingggu 27 Juni 2021 di stadion Wembley, London. Secara pengalaman dan prestasi Italia sepertinya akan mudah mengalahkan Austria. Berbekal 7 gol yang disarangkan ke gawang lawan mereka di grup A tanpa pernah kebobolan (clean sheet), akan menjadi momok baik kesebelasan Austria. Dengan mengandalkan pemain muda Mario Locatelli yang baru berusia 23 tahun, Ciro Immobile, Federico Ciesa dan pemain gaek seperti sang kapten Georgio Chiellini yang berusia 36 tahun dan telah membela timnas Italia sebanyak 109 kali, serta Leonardo Bennuci (34 tahun) yang dalam 3 pertandingan terakhir tampil sangat trengginas. Pelatih yang berpenampilan style, Roberto Mancini sepertinya sudah paham dengan bagaimana dia meracik tim Gli Azzuri ini. Yang perlu diwaspadai oleh kesebelasan Austria adalah kemampuan mencetak gol yang hampir merata diantara pemain Italia, sehingga akan menyulitkan siapa menjaga siapa ketika terjadi serangan. Mungkin Austria akan berharap menahan imbang Italia dan melanjutkan adu penalti. Tapi untuk hal ini kesebelasan Italia memiliki kiper sekelas Gianluigi Donnaruma dan kiper yang penuh pengalaman Salvatore Sirigu. Kesebelasan Austria yang dikenal dengan julukan Das Team atau Burschen Unsere akan berusaha membuat sejarah di Piala Eropa kali ini. Hampir sebagian besar pemain Austria bermain di klub-klub Bundesliga Jerman, seperti bek senior yang bermain di Bayern Leverkusen yaitu Aleksandar Dragovic' yang memiliki 93 caps bagi Austria, Martin Hinteregger (Eintracht Frankfurt), sang kapten Julian Baumgartlinger (Bayer Leverkusen) dan Marcel Sabitzer (RB Leipzig). Ditambah dengan David Alaba yang bermain di Real Madrid, serta pemain yang lama bermain di liga utama Inggris Marko Arnautovic yang sekarang bermain di salah satu klub Liga Utama China, Shanghai Port.

Sebagai tim bukan unggulan sebenarnya kesebelasan Austria akan tampil tanpa beban. Hampir dipastikan Italia akan menguasai pertandingan, bahkan serangan akan tidak seimbang namun mungkin kesebelasan Austria yang dilatih oleh Franco Foda yang berkebangsaan Jerman berharap menciptakan gol dari serangan balik atau bola-bola mati.

Prediksi pertandingan : Italia -- Austria 3-0

Belgia vs Portugal

Pertandingan ini adalah salah satu pertandingan Big Match, yang ditunggu-tunggu para pecinta bola di belahan dunia. Apakah Belgia hanya digjaya ketika melawan kesebelasan dari skandinavia seperti Denmark dan Finlandia, serta Rusia. Patut ditunggu bagaimana tim besutan Roberto Martinez akan menjinakkan Ronaldo dkk. Namun melihat mewahnya skuad Belgia saat ini besar kemungkinan kesebelasan penghuni peringkat 1 FIFA ini akan dapat mengalahkan kesebelasan Portugal.

Kesebelasan Belgia sangat unik karena para pemainnya bermain hampir disemua liga-liga utama negara kuat sepakbola Eropa, seperti di Jerman, Spanyol, Inggris, Perancis dan Italia. Tercatat hanya 2 saja pemain bermain di klub liga lokal Club Brugge yaitu Kiper Simon Mignolet dan pemain tengah Hans Vanaken. Masalahnya karena dihuni sederet pemain berkualitas maka Roberto Martinez mungkin akan mengalami kesulitan saat menentukan sebelas pemain untuk starting line-nya. Mengandalkan penyerang Romelu Lukaku (Inter Milan), sang kapten Eden Hazard (Real Madrid) dan Dries Mertens (Napoli). Sederet pemain tengah yang berkelas seperti Kevin De Bruyne (Manchester City),  Youri Tielemans (Leicester City), Yannick Carrasco (Atletico Madrid) serta didukung oleh pemain bertahan terbaik seperti Toby Alderweireld (Tottenham Hotspur), Jan Vertonghen (Benfica) dan pemain yang bermain di Borussia Dortmund, Thomas Meunier, mungkin membuat kesebelasan Portugal bertahan total selama pertandingan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x