Mohon tunggu...
Martua Intan
Martua Intan Mohon Tunggu... Pemerhati Lingkungan Hidup

Dilahirkan di Pontianak. Pernah tinggal di Australia hampir 9 (sembilan) tahun. tertarik dengan lingkungan hidup, khususnya tentang pelestarian sumber air dan peduli dengan dampak penambangan di tanah borneo.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Manchester Sang Penguasa Inggris tapi Bukan Eropa

30 Mei 2021   18:17 Diperbarui: 30 Mei 2021   18:28 96 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manchester Sang Penguasa Inggris tapi Bukan Eropa
images : Yomamen.com

Manchester adalah salah satu kota metropolitan di Kerajaan Inggris. Namun kalau bicara sepakbola maka kota Manchester lebih banyak menorehkan prestasi di banding kota London. Sebenarnya hal ini tidak mengherankan di kawasan eropa barat. Bahwa klub sepakbola yang berada di ibukota negara kalah terkenal dengan kota-kota besar disekitarnya. 

Mirip dengan Jerman, dimana kota Berlin (Hertha Berlin) tidak apa-apanya dengan Bayern Munich yang berbasis dikota Muenchen (negara bagian Bavaria) dan Borussia Dortmund (kota Dortmund). 

Bahkan yang lebih miris lagi yang terjadi di kota Roma, ibukota Italia dimana AS Roma yang bernama lain srigala (i lupi) terakhir menjadi scudeto (juara liga Italia) pada tahun 2000. Dan hanya menjadi bayang-bayang kota Turin (Juventus) dan Milan (Inter Milan dan AC Milan).

Di awal bulan Mei, dunia dikejutkan dengan tampilnya 2 klub bergengsi dari kota Manchester, yaitu Manchester United dan Manchester City di dua final kompetesi sepakbola Eropa. 

Bila Manchester United yang dimanejeri oleh Ole Gunnar Solskjr  maju ke final Liga Eropa untuk menghadapi wakil Spanyol yaitu Villareal di kota Gdansk, Polandia. Maka Manchester City, sang jawara liga primer Inggris maju ke final Liga Champion Eropa menghadpi wakil Inggris lainnya Chelsea yang dilatih oleh pelatih barunya Thomas Tuchel. 

Besar harapan warga Manchester bahwa kedua klub Manchester City dan Manchester United yang merupakan jawara dan runer up liga primer Inggris akan mengawinkan kedua gelar paling bergengsi di benua biru. 

Ditambah kedua klub bila masing-masing meraih juara maka di pertengahan bulan Agustus ini akan bertarung di piala Super Eropa yang rencananya juga dilaksanakan di Britania Raya, yaitu di Windsor Park, Irlandia Utara.

Hal ini dimulai dari  kegagalan Manchester United di final Liga Eropa pada kamis dinihari (27 Mei 2021) dengan kekalahan dari Villareal melalui adu penalti yang sangat membuat jantung berdebar dengan posisi akhir 10-11. 

Setan Merah dengan bertabur bintang seperti Paul Pogba, Edison Cavani, Bruno Fernandes dan Marcus Rashford tidak cukup mampu mengalahkan klub medioker liga Spanyol, Villareal. 

Villareal adalah suatu kotamadya yang berada di propinsi Castellon berpenduduk di bawah 50 ribu jiwa mampu mempermalukan salah satu wakil kota Manchester sang penguasa liga primer sepanjang sejarah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x