Mohon tunggu...
FX Aris Wahyu Prasetyo Saris
FX Aris Wahyu Prasetyo Saris Mohon Tunggu... Penulis - Menikmati menulis dan membaca dalam bertualang makna kehidupan menuju kebijaksanaan abadi.

Penulis, Pembaca, Petualang, dan Pencari Makna.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Biarlah Dunia Pendidikan Mencintai Humanisme Sastra!

23 November 2021   09:39 Diperbarui: 23 November 2021   09:44 124 37 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Illustrasi. www.readinghorizons.com

Dunia pendidikan tanpa habitus membaca akan menjadi tempat yang sangat gersang dan jatuh pada rutinitas belaka. Ketika dunia pendidikan tenggelam dalam rutinitas maka segala proses pendidikan layaknya sebuah kerja pabrik sehingga anak-anak jauh dari apresiasi, eksplorasi, ekspresi, aktualisasi, dan internalisasi diri. Membaca menjadi sebuah kesempatan yang bermanfaat bagi setiap pribadi untuk mengolah diri sekaligus mengeksplorasi informasi dan makna yang sangat memperkaya diri sebagai bekal untuk berbagi dan beraktualisasi.

Ketika dunia pendidikan memiliki kecintaan pada buku-buku sastra, senantiasa ada penelusuran dan pergulatan cerita yang penuh makna dan kontekstual yang akan mengembangkan kedalaman hati dan budi dalam sebuah kolaborasi logika dan estetika pada kehidupan yang humanis. Sastra sejatinya bukanlah hanya menjadi bahan pembelajaran bahasa namun lebih dari itu menjadi media pengolahan nilai-nilai humanisme setiap pribadi sehingga membentuk setiap pribadi tajam dalam penalaran, matang dalam bernurani, peka dalam peduli, dan setia pada komitmen untuk berlaku sesuai kebenaran dan kebajikan.

Betapa indahnya para guru dengan humanisme sastra mengajar dan mendampingi anak-anak dalam belajar di sekolah. Sekolah tidak hanya menjadi transfer ilmu belaka, namun sekolah sungguh-sungguh menjadi sebuah interaksi dan komunikasi humanis yang mengedepankan nilai-nilai kehidupan. Betapa indahnya pula, ketika anak-anak memiliki kecintaan dan habitus pada buku-buku sastra, itulah kesempatan bagi mereka untuk mengolah jiwa secara reflektif dalam konteks zaman.

Illustrasi. wisewordsliteracy.com
Illustrasi. wisewordsliteracy.com
#Catatan Pendidikan 13, sebuah uraian sederhana dalam rangka membangun kesadaran pentingnya humanisme dalam kenyataan pendidikan sehingga humanisme tidak hanya sekadar teori yang terjebak dalam persepsi dan paradigma belaka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan