Mohon tunggu...
FX Aris Wahyu Prasetyo Saris
FX Aris Wahyu Prasetyo Saris Mohon Tunggu... Penulis - Menikmati menulis dan membaca dalam bertualang makna kehidupan menuju kebijaksanaan abadi.

Penulis, Pembaca, Petualang, dan Pencari Makna.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Menulis Makna (73): Petualangan Hidup, Memaknai Keberhasilan dan Kegagalan sebagai Berkah

25 September 2021   04:05 Diperbarui: 25 September 2021   04:31 97 28 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menulis Makna (73): Petualangan Hidup, Memaknai Keberhasilan dan Kegagalan sebagai Berkah
Illustrasi. www.bola.com

Jangan bicarakan keberhasilanmu pada mereka yang sedang dirundung gagal; Jangan lupakan kegagalanmu pada masa jayamu. (Pepatah Cina)

Keberhasilan dalam hidup adalah bagian dari proses pengembangan diri dalam kehidupan yang penuh dengan segala dinamika pasang dan surutnya yang melibatkan seluruh raga dan jiwa dalam pergulatannya. 

Dalam keberhasilan itu ada situasi batin yang begitu melegakan sehingga memberikan nafas kehidupan yang begitu menggairahkan dan menggembirakan yang terletup dalam perayaan-perayaan syukur atas pencapaian itu. 

Rasa syukur sejatinya menjadi sebuah ungkapan jiwa yang tepat sebagai bentuk rasa syukur karena Sang Pencipta dan Semesta senantiasa mendukung dalam segala kemudahan dan perlindungan di kala suka maupun duka.

Keberhasilan dalam hidup bukan semata-mata karena ada sesuatu yang dahsyat dan besar yang dicapai, namun hal-hal kecil yang begitu bermakna dalam kehidupan pun dapat menjadi keberhasilan yang patut disyukuri dan dirayakan. 

Sebagai sebuah proses kehidupan, sesungguhnya keberhasilan juga menjadi sebuah fase kehidupan untuk tetap selalu berjuang dan memelihara semangat dalam hati dan budi untuk tetap setia dan bertekun dalam hal-hal baik untuk memperjuangkan kehidupan yang layak dan pantas sebagai diri dan komunitas dalam lingkaran dunia penuh makna.

Illustrasi. www.adventureconsultants.com
Illustrasi. www.adventureconsultants.com
Dalam sebuah perjalanan yang terus berjalan dalam lika-liku kehidupan ini, keberhasilan di hari ini bisa menjadi sebuah hal biasa di masa yang akan datang sehingga semangat untuk terus belajar dalam kehidupan ini sejatinya tetap dijaga terus-menerus dalam setiap langkah kehidupan. 

Keberhasilan di hari ini adalah pembelajaran yang begitu apik untuk bersyukur dan juga berbagi dengan sesama sehingga kebaikan, kegembiraan, kedamaian, dan kelegaan batin pun dapat dirasakan oleh orang lain. 

Semangat berbagi ini menjadi mata pelajaran penting dalam kehidupan sehingga setiap pribadi menumbuhkan benih-benih kasih dan toleransi dalam diri pada sesama dan semesta. Tak ada yang paling indah dalam kehidupan ini, kecuali semangat berbagai penuh kasih dalam ketulusan dan kerelaan yang suci.

Pada suatu waktu manusia pun dapat jatuh dan gagal dalam kondisi yang berbalik dari keberhasilan yang pernah dirasakan. Keadaan ini pun bukanlah sebuah hukuman atau karma dalam kehidupan ini karena semua pengalaman kehidupan adalah pembelajaran yang begitu unik dan bermakna. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan