Mohon tunggu...
FX Aris Wahyu Prasetyo Saris
FX Aris Wahyu Prasetyo Saris Mohon Tunggu... Penulis - Menikmati menulis dan membaca dalam bertualang makna kehidupan menuju kebijaksanaan abadi.

Penulis, Pembaca, Petualang, dan Pencari Makna.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tatkala Fajar (14): Wastafel, Setia pada Hal-hal Kecil di Kala Suka dan Duka

28 Mei 2021   04:04 Diperbarui: 28 Mei 2021   04:03 352
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi. www.bramblefurniture.com

Kau bisa menemukanku menempel di dinding kamar mandi, maupun berdiri di koridor. Tubuhku yang terbuat dari keramik putih mengkilap ini dapat memudahkanmu menemukanku. 

Tubuhku juga kokoh dan kuat sehingga aku tidak mudah rusak. Meskipun aku hanyalah gabungan logam dan keramik, aku senang karena bisa memancarkan air untuk membasuh tangan dan wajah kalian. 

Tua dan muda menggunakanku. Baik untuk membersihkan tangan mereka, mengambil air, bahkan untuk bermain dengan air. Aku bisa kalian beli di toko-toko peralatan rumah tangga. Ya, inilah aku, sang wastafel.

Akan kuceritakan lagi tentang diriku, cerita ini akan dimulai dari hal hal yang kurang aku kusukai di kehidupanku ini. Aku paling sedih ketika orang orang yang datang menggunakanku mengotoriku begitu saja tanpa membersihkanku kembali. Mereka meninggalkan noda noda cat air dan bahkan ludah di tubuhku ini.  Tubuhku yang semula putih bersih mengkilap ini menjadi kotor dengan adanya sisa-sisa noda yang menempel di mana-mana. 

Mereka bahkan terkadang melupakan keberadaanku ini dan membiarkanku berdebu dan berkarat begitu saja. Ada juga yang bahkan meluapkan emosinya padaku dengan memukul maupun menendang-nendang tubuhku ini.

Namun, aku tidak akan terus menerus membicarakan tentang hal hal yang menyedihkan. Karena di balik semua kesedihan itupun banyak terdapat sukacita. 

Aku sangat senang ketika melihat mereka datang kepadaku untuk mencuci tangan mereka sebelum makan, terkadang aku suka berandai-andai apa yang akan mereka santap hari ini. 

Aku juga senang melihat mereka mencuci wajah mereka dan melihat wajah mereka segar kembali setelahnya. Ya, hal-hal kecil seperti inilah yang dapat membuatku tetap semangat untuk menjalankan tugasku.

Sejak awal aku diciptakan, aku sudah selalu berharap agar aku bisa terus berguna bagi semua orang. Aku yang hanya gabungan logam dan keramik ini ingin selalu bisa membantu orang-orang dengan membebaskan dari bakteri dan kuman yang menempel di tangan mereka. 

Aku ingin membantu mereka membersihkan tangan mereka dari noda-noda yang menempel. Aku juga selalu berharap agar mereka bisa lebih menjaga dan memperhatikan kebersihan mereka. Aku ingin mereka terbebas dari virus dan penyakit yang dapat membahayakan mereka.

Ilustrasi. cewekbanget.grid.id
Ilustrasi. cewekbanget.grid.id
Aku sangat bangga dengan diriku sendiri. Walaupun aku hanyalah gabungan keramik dan logam, aku bisa bermanfaat bagi banyak orang. Aku bangga bisa membantu mereka terbebas dari kuman dan penyakit karena bakteri dan virus yang menempel di tangan mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun