Mohon tunggu...
Martin  Starry
Martin Starry Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa TSM

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Mengenal Staffing dan Fungsinya dalam Suatu Perusahaan

28 April 2021   12:09 Diperbarui: 28 April 2021   12:12 234 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenal Staffing dan Fungsinya dalam Suatu Perusahaan
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Banyak perusahaan di dunia ini yang gagal dalam penataan staf, baik itu rekrutmen, seleksi, maupun penempatan karyawan itu sendiri. Penataan staf yang buruk sangat tidak menguntungkan karena akan mengakibatkan menurunnya performa perusahaan, biaya yang dikeluarkan menjadi sia-sia, dan membuat suatu perusahaan tersebut rugi. Oleh karena itu, mari kita mengenal apa itu yang disebut dengan “staffing” atau “penataan staf”.

Staffing adalah fungsi manajemen dalam hal rekrutmen, seleksi dan penempatan karyawan. Perusahaan tanpa penataan staf akan membuat perusahaan tersebut rugi. Menemukan “orang yang tepat” untuk “tempat yang tepat” adalah inti dari penataan staf. Ada tiga fungsi dari staffing (penataan staf) :

  • Rekrutmen 

Rekrutmen adalah proses menarik para pelamar pekerjaan yang tepat untuk diperkerjakan dalam suatu perusahaan. Rekrutmen ini memiliki fungsi untuk memberitahukan, menginformasikan tentang suatu lowongan pekerjaan dan segala persyaratannya serta membujuk pelamar untuk melamar ke suatu perusahaan itu.  

  • Seleksi

Seleksi adalah proses memilih pelamar yang terbaik dari antara pelamar untuk diperkerjakan dalam perusahaan. Inti dari seleksi ini adalah memeriksa pelamar apakah mereka berkualitas dan kemudian menawarkan pekerjaan kepada mereka yang memiliki kualitas yang terbaik.

Validasi tes adalah proses pengumpulan data untuk menentukan kegunaan tes sehingga dapat membuat keputusan perekrutan. Dalam kasus pengujian tenaga kerja, validasi tes ini memiliki tujuan, yaitu menyelidiki job relatedness dari tes tersebut dengan pekerjaan yang diminati pelamar.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan