Mohon tunggu...
Martin Karakabu
Martin Karakabu Mohon Tunggu... Guru Kampung yang Tertarik pada Dunia Bloging dan Menyukai Kegiatan di Luar Lapangan -

https://www.karakabu.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Frans Lebu Raya Gubernur NTT, Rumah Adat Kita Nyaris Roboh, Kenapa?

18 Februari 2018   01:24 Diperbarui: 18 Februari 2018   01:38 1569
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rumah adat NTT di Taman Mini Indonesia Indah (tampak depan)/Dokumentasi pribadi

Bapak Gubernur Frans Lebu Raya yang Terkasih, Rumah Adat NTT di Taman Mini Indonesia Tidak Teramat dan Nyaris Roboh, kenapa?

Saya tidak tahu jadi saya bertanya karena saya bukan wartawan hebat yang bisa menginvestagi pokok persoalan. Saya hanya warga biasa kebetulan terlahir sebagai orang NTT yang tinggal di Jakarta; jadi saya menulis di kompasiana sebagai media warga untuk mempertanyakan soal rumah adat kita yang tidak terawat itu. Apakah Dinas Pariwisata NTT tidak memberi gaji kepada petugas sehingga pembiaran seolah-olah terjadi?.

Bapak bisa lihat gambar di bawah ini.

Tampak Samping dari rumah adat NTT di Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta yang hampir roboh/dokumentasi pribadi
Tampak Samping dari rumah adat NTT di Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta yang hampir roboh/dokumentasi pribadi
Itu adalah foto yang saya ambil Sabtu, 17 Febuari 2018. Saat saya dan istri mengunjungi museum tersebut. Itu rumah adat Rote bagian dari NTT. Sebenarnya kondisi seperti itu, bukan hanya saya lihat di rumah adat Rote, secara keseluruhan dari rumah adat NTT yang ada di Jakarta (Taman Mini Indonesia Indah) kondisinya memprihatinkan.

Gambar berikut

Rumah adat NTT di taman mini Indonesia Indah yang nyaris Roboh (tampak depan dari bagian rumah yang nyaris roboh itu/dokumentasi pribadi)
Rumah adat NTT di taman mini Indonesia Indah yang nyaris Roboh (tampak depan dari bagian rumah yang nyaris roboh itu/dokumentasi pribadi)
Tampak dari bawah (diperbesar) / dokumentasi pribadi
Tampak dari bawah (diperbesar) / dokumentasi pribadi
kerusakan di bagian lain dari rumah adat NTT yang ada di Jakarta (TMII)/sumber foto: dokumentasi pribadi
kerusakan di bagian lain dari rumah adat NTT yang ada di Jakarta (TMII)/sumber foto: dokumentasi pribadi
Terkait nyaris robohnya rumah adat Rote itu pun dibenarkan oleh Aris salah satu petugas rumah adat Alor, Nusa Tenggara Timur. Namun sebab terjadinya, temanku itu tidak menjelaskan lebih lanjut. Jadi saya bertanya-tanya.

Apakah pemda NTT tidak memberi gaji untuk petugas ataukah ada hal lain?

Sebenarnya saya ingin telepon bapak dan mempertanyakan hal ini tetapi saya tidak tahu nomor telepon bapak jadi saya tulis di sini berharap bapak bisa baca dan menindaklanjuti.

Kemudian di saat saya berkunjung, Sabtu, 17 Febuari 2018; ada dekorasi pernikahan. Dalam pemahaman saya saat itu, "oh berarti gedung ini disewakan".

 Lihat gambar

Penulis bersama petugas rumah adat Alor, NTT berpose disamping Karangan bunga yang berisi ucapan selamat atas pernikahan. Berarti gedung ini disewakan/dokumentasi pribadi
Penulis bersama petugas rumah adat Alor, NTT berpose disamping Karangan bunga yang berisi ucapan selamat atas pernikahan. Berarti gedung ini disewakan/dokumentasi pribadi
Pertanyaan saya memang tempat wisata seperti itu boleh disewakan ya pak?. Kalau boleh ya sudah. Berarti bagus mungkin suatu saat jika ada kegiatan saya juga sewa tempat itu. Tetapi pertanyaan saya uang itu untuk apa saja?.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun