Mohon tunggu...
Martina Putri Pestaria
Martina Putri Pestaria Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Jurusan Akuntansi

KKN TEMATIK MDBPE-MBKM UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UPI 2021: Peran Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar di Masa Pandemi Covid-19

25 Juli 2021   17:23 Diperbarui: 25 Juli 2021   17:28 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Indonesia merupakan salah satu negara yang terdampak Covid-19 sejak bulan maret tahun 2020. Pengaruh dari pandemi covid-19 ini sangat besar terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia bahkan dunia, terutama dalam bidang pendidikan. sudah lebih dari satu tahun ini kita hidup berdampingan dengan covid-19, dimana banyak kegiatan yang terhambat dan serba dilakukan dari rumah. Seperti halnya dalam kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan dari rumah sesuai dengan kebijakan pemerintah untuk belajar dari rumah yang merupakan salah satu upaya pencegahan penularan covid-19. hal tersebut juga dipertegas dengan dikeluarkannya Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (covid-19).

Berkenaan dengan hal tersebut, pendidik dituntut untuk mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring/online. Demi menjaga agar proses belajar-mengajar tetap berlangsung maka sistem pembelajaran daring ini adalah alternatif yang bisa digunakan. Walaupun bersekolah/belajar dari rumah menjadi hal baru bagi semua orang, namun kita harus bisa dan mungkin sudah terbiasa dengan sistem tersebut selama pandemi covid-19 ini masih ada. Meskipun pelaksanaan pembelajaran daring ini masih memiliki banyak kendala namun inilah pilihan yang mau tidak mau harus diterima oleh seluruh keluarga khususnya orang tua dari peserta didik.

Dalam pembelajaran daring orang tua tentunya memiliki peran yang sangat penting sebagai pengganti guru saat belajar dirumah. Pandemi covid-19 ini menuntut peran orang tua untuk aktif secara maksimal dalam proses belajar anak dirumah. Peran orang tua dalam proses belajar daring ini dapat berupa sebagai fasilitator yang menyediakan fasilitas yang dibutuhkan anak dalam menunjang proses belajar daring yaitu berupa alat elektronik seperti gadget/laptop dll dan tentunya kuota internet yang memadai. Selain itu orang tua juga harus bisa menciptakan/menyediakan ruang belajar yang kondusif dan nyaman bagi anak. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi konsentrasi anak dalam belajar.

Selain sebagai fasilitator, orang tua juga berperan sebagai pendamping anak saat melakukan kegiatan belajar daring. Pendampingan orang tua juga diperlukan guna mencegah anak bermalas-malasan atau melakukan kegiatan lain saat belajar daring. Berikut adalah beberapa tindakan yang dapat dilakukan orang tua saat pembelajaran daring maupun luring, yaitu:

  1. Mendampingi dan memantau proses belajar anak
  2. Membantu anak dalam mengoperasikan aplikasi/teknologi elektronik
  3. Memastikan anak mengikuti kegiatan belajar dengan nyaman dan gembira
  4. Membantu proses belajar luring sesuai penugasan dan jadwal yang diberikan oleh guru
  5. Melakukan diskusi secara daring dengan guru mengenai materi yang akan/sudah dipelajari anak

Selanjutnya, orang tua juga bisa berperan sebagai seorang motivator bagi anaknya saat anaknya merasakan malas atau kejenuhan dalam belajar agar lebih giat dan semangat lagi. Pemberian motivasi kepada anak oleh orang tua dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Pemberian motivasi dalam bentuk materi yang dapat dilakukan dengan menyediakan fasilitas yang dibutuhkan kepada anak dalam belajar. Orang tua juga dapat memberikan hadiah atas kerja keras anak dalam belajar, sebaga contoh bisa berupa peralatan sekolah ataupun lainnya.
  2. pemberian motivasi dalam bentuk non materi yang dapat diberikan oleh orang tua kepada anak yaitu mendampingi anak ketika belajar, memberikan arahan tentang pentingnya belajar, dan memberikan pujian atas apa yang dilakukan anak. Hal ini dilakukan agar anak tetap semangat dan mau berusaha memperbaiki kekurangan atau kesalahannya.

Dari paparan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa peran orang tua sangat dibutuhkan untuk mendukung proses belajar dirumah agar berjalan efektif seperti pembelajaran disekolah. Peran orang tua tersebut harus dijalankan dengan baik. Sehingga pembelajaran dirumah menghasilkan pembelajaran yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk meraih kesuksesan di masa depannya. dalam menjalankan perannya, orang tua diharapkan memiliki sifat sabar menghadapi tingkah laku anak, pantang menyerah dalam mencari jalan keluar yang efektif di setiap persoalan yang dihadapi serta berusaha yang terbaik untuk memberikan pembelajaran yang bermanfaat bagi anak.

Martina Putri Pestaria/1805627

Akuntansi/Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis

Kelompok KKN : 14

DPL : Dr. H. Atep Sujana, M.Pd

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun