Mohon tunggu...
Martina Purwaning Diah
Martina Purwaning Diah Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Menjalani hidup layaknya air mengalir

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Musim Liburan...Musim Khitan...

10 Juli 2022   21:33 Diperbarui: 11 Juli 2022   11:40 100 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

                                                                                                            Sumber: tebuireng.online

"Libur t'lah tiba..libur t'lah tiba..hatiku gembira"... Kalau mendengar kembali cuplikan lagunya Tasya memang begitu yang selalu ditunggu ketika para murid sudah memasuki musim liburan. Jika kita mendengar lagu-lagu Tasya pada masanya sepertinya sudah susah ya mencari lagu-lagu masa anak-anak seperti itu. 

Lagu-lagunya sungguh sangat berkesan dan bermakna. Sangat jarang sekali di masa sekarang ini mendapatkan lagu anak-anak sesuai dengan usianya anak-anak tapi justru suguhan dilayar kaca kebanyakan lagu-lagu barat ala K-Pop yang justru banyak bermunculan dengan gaya busana yang tidak sesuai dengan indentitas bangsa kita.

Kembali lagi ke tema liburan, ketika anak sudah masuk liburan pasti yang ditanyakan kepada orang tuanya adalah "Kapan liburan ayah/bunda??"... 

Pada awal liburan, saya sempat bertanya kepada si kakak tentang apa aktivitas yang ingin dilakukan pada saat liburan. Tetapi yang kakak katakan adalah ingin liburan dirumah kakek dan nenek. Tetapi, kala itu ayahnya mengatakan bagaimana kalau kakak sunat saja mumpung masih liburan. 

Tapi seketika itu si kakak langsung menolak karena teman-teman sebayanya belum pada disunat. Ada sedikit perasaan takut kalau mau disunat terus disuntik. Berbagai macam pemikiran akhirnya mempengaruhi si kakak apalagi kalau lihat Upin Ipin mau disunat pakai jarum suntik besar hehehe.... Ternyata sekarang metode sunat pun juga beraneka ragam, baru tahu ketika anaknya minta sunat hehehe..

Dikutip dari website resmi RSUD Tulungagung dijelaskan bahwa di Indonesia ternyata metode khitan dalam dunia medis meliputi tiga macam, yakni teknik iris gunting atau pembedahan biasa, teknik klem dan teknik laser. 

Akhirnya kami memilih menggunakan teknik klem yang menurut kami lebih aman selain itu juga si kakak lebih nyaman dengan menggunakan teknik tersebut karena tanpa ada jarum suntik. Sudah satu minggu ini kakak dalam proses penyembuhan dari khitan.

Dikutip buku Fikih nya kakak kelas IV MI karya Muh Rosyid RIdho (2019) dijelaskan bahwa khitan sebagai salah satu ajaran yang telah diterapkan dalam Islam, baik bagi laki-laki maupun perempuan. 

Makanya kami sebagai orang tua berusaha merayu kakak untuk mau menerapkan materi pembelajaran tentang khitan yang sudah dipelajari di awal semester 1 kemarin heheh modus... Khitan bertujuan untuk kesehatan jasmani dan rohani. Selain untuk menjaga kebersihan dan kesucian dari najis, khitan memiliki beberapa hikmah, antara lain:

  • Mengikuti sunah (ajaran ) para nabi
  • Menjadi pembeda antara muslim dan orang kafir
  • Bermanfaat untuk menjaga diri dari najis
  • Dapat membantu kelancaran buang air kecil

Menurut bidang kesehatan, ternyata khitan juga memiliki beberapa manfaat diantaranya:

  • Mencegah terjadinya penyakit kelamin
  • Mengurani resiko infeksi saluran kemih
  • Mengurangi resikko kanker serviks

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan