Tekno

Email Marketing, Apakah Masih Efektif?

9 Februari 2018   16:18 Diperbarui: 9 Februari 2018   16:19 498 0 0
Email Marketing, Apakah Masih Efektif?
www.ducttapemarketing.com

Meskipun usia email sudah tua, Masih banyak orang yang menggunakan email. Misalnya saja untuk mendaftar akun baru media sosial, atau untuk mengirim berkas yang bersifat formal. Tidak hanya itu saja, perusahaan yang berbasis online saat ini menggunakan email untuk fungsi lain yaitu memasarkan produknya. Hal ini disebut email marketing.

Definisi email marketing adalah versi digital dari surat yang datang ke rumah kita. Cara ini seharusnya lebih efektif dan simple bila dibanding mengirimkan brosur dan kupon ke rumah konsumen. Hanya perlu usaha lebih di jari kita untuk meng-klik emailnya.

Lalu, apakah email marketing saat ini masih penting? ya, setidaknya karena 5 alasan berikut.

  1. Email adalah Cara Mudah untuk Menggapai Konsumen
    Satu alasan kenapa email marketing sangat berharga dalam sebuah bisnis saat ini adalah kemudahannya untuk menggapai konsumen tanpa harus berinvestasi pada teknologi atau pun software. Ini dikarenakan kita dapat mengakses email kita tanpa harus mengeluarkan uang. Tidak seperti sms atau pun kertas pada sebuah brosur, email memiliki ruang yang lebih luas untuk menjabarkan sebuah konten dan kemudahan untuk mengakses konten tersebut.
  2. Email adalah Cara yang Efektif untuk Menyampaikan Informasi ke Konsumen
    Taktik ini sangat efektif untuk menjaga hubungan antara pebisnis dan konsumennya. Faktanya, konsumen sering mencari email marketing campaign dari produk yang mereka suka. Lebih lagi, mereka juga menantikan kupon (akan dibahas di poin berikutnya) yang terdapat pada email marketing tentunya untuk mendapatkan pelayanan khusus pada produk yang mereka suka. Selain itu, email marketing juga dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan konten pada konsumen.
  3. Kupon Belanja Melalui Email Mendongkrak Penjualan Secara Online Maupun di Toko
    Banyak orang men-subscribe email tentang merek produk dan toko. Hal ini didasari oleh keuntungan yang akan mereka dapat dengan berlangganan email marketing dari produk atau toko tersebut. Biasanya, toko dan produk tersebut akan menawarkan potongan harga melalui sebuah kupon yang dikirim ke email subscriber. Ini kembali menunjukkan, bagaimana pengaruh email marketing sangat penting bagi konsumen saat ini.
  4. Mudah Diintegrasikan Dengan Cara Pemasaran Lain
    Fleksbilitas pemasaran melalui email merupakan poin penting bagi pebisnis. Ini tergantung bagi kemampuan tim pebisnis dalam mengolah bagaimana sebuah email menjadi digandrungi oleh konsumennya. Bukan berarti ini menjadikan email marketing merupakan hal yang sulit, justru karena kemudahan yang ditawarkan, membuat kita bebas mengemas produk kita untuk dipasarkan melalui email.
  5. Email Marketing Sangat Murah
    Kembali lagi ditekankan, bahwa email marketing sangat murah. Kita membuka email tanpa harus mengeluarkan sepeserpun rupiah. Untuk pemilik small medium business hal ini merupakan cara yang bijak ketimbang harus memilih pemasaran melalui TV, Radio, dan sebagainya.

Email marketing akan semakin efektif jika anda memilih untuk menggunakan sebuah tools yang tepat (Seperti MailTarget). Banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari kemajuan teknologi sekarang ini. Silakan digunakan untuk kemajuan usaha Anda.

Sumber : blog MailTarget