Mohon tunggu...
Muhammad  Arsyad
Muhammad Arsyad Mohon Tunggu... Seorang kapiran dan serabutan

Seorang kapiran dan serabutan. Masih Kuli-ah di IAIN Pekalongan.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Traveling Mudah ke Jogja, Nginepnya Dekat Malioboro

20 Maret 2020   14:23 Diperbarui: 20 Maret 2020   14:41 84 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Traveling Mudah ke Jogja, Nginepnya Dekat Malioboro
FOTO: suarajogja.id

Siapa yang belum pernah ke Jogja? Sungguh terlalu jika kamu belum pernah ke Jogja. Karena Jogja punya seribu daya tarik dan tempat wisata yang kece dan sayang sekali bila terlewatkan. Saya beberapa kali pergi ke Jogja. Meskipun saya berdomisili di Pekalongan yang notabene lokasinya cukup jauh dari Jogja, kalau ditanya mau liburan kemana, jawaban paling sering saya lontarkan adalah Jogja.

Jogja memang istimewa, dari wisata-wisata yang eksotis hingga kuliner jalanan. Semuanya selalu ngangenin. Nah buat kamu yang sama sekali belum pernah ke Jogja saya ada sedikit tips buat bisa traveling mudah ke Jogja. Iya, traveling ke Jogja mudah, semudah membeli es teh di warung. By the way, karena saya berdomisili di Pekalongan, saya bakalan memberikan cara buat kamu, khususnya warga Pekalongan yang mau traveling mudah ke Jogja biar enggak ribet begitu.

Saya kalau traveling ke mana-mana selalu mencari jalan keluar paling mudah, terkadang juga paling murah.  Termasuk ketika saya hendak ke Jogja, tentu saya akan mencari cara paling mudah buat traveling ke Jogja. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan jasa layanan Kereta Api Indonesia (KAI). Siapa yang belum pernah mencicipi naik kereta yang sekarang? Uh... padahal naik kereta tuhh nyaman dan mudah sekali.

Jika kamu dari Pekalongan mau menghemat biaya buat ke Jogja bisa naik kereta Joglosemarkerto yang berhenti di Stasiun Solobalapan. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya tiketnya seharga Rp 60 ribu sahaja. Sementara buat ke Jogjanya  hampir semua pelancong akan memilih naik KA Prameks yang  harga tiketnya murahnya bukan main, cuman Rp 8 ribuan bisa langsung ke Malioboro. Tetapi repotnya adalah tiket KA Prameks biasanya cepat sekali ludes. Bisa sih, beli lewat aplikasi KAI Access, tapi itu akan menambah kerepotan lainnya, harus ngisi saldo segala atau ke ATM.

Nah, agar bisa tetap enak dan enggak ribet, ada cara lain kok, supaya kamu tetap bisa traveling mudah ke Jogja. Caranya dengan memilih naik KA Joglosemarkerto, tetapi tujuannya Yogyakarta langsung. Harganya memang lebih mahal sedikit dari tujuan Solobalapan. KA Joglosemarkerto dari Pekalongan ke Yogyakarta kamu enggak perlu terlalu dalam juga merogoh kocek, karena tikenya cuma Rp  80 ribu. Kamu bisa traveling mudah ke Jogja tanpa perlu cemas kehabisan tiket KA Prameks.

Susah juga kalau sampai kehabisan tiket KA Prameks yang waktu paling akhir pemberangkatan dari Solobalapan pukul sembilan malam. KA Prameks enggak ada yang tengah malam, sementara jika kamu memilih ke Solo dulu, KA Joglosemarkerto berhenti Stasiun Solobalapan pada tengah malam. Kendati kalau mau tiba di Solo sore pun ada, tapi resiko kehabisan juga tinggi. Karena sore menjelang malam biasanya jam-jam sibuk. KA Prameks pasti padat penumpang.

Setelah pesan tiket ke Jogja pakai Joglosemarkerto, kamu bakalan turun di Stasiun Tugu Yogyakarta. Santai saja, lokasinya dekat sama Maliboro kok. Jadi setelah perjalanan naik kereta kamu bisa langsung menuju Malioboro. Enggak perlu pesan ojek online ataupun naik becak karena itu akan menambah biaya. Karena tujuan awal kita adalah traveling mudah ke Jogja.

Kamu bisa menelusuri jalanan Jogja dekat Stasiun Tugu yang seringnya padat itu. Kalau kamu lapar atau haus, enggak  perlu khawatir, di pinggir jalan tersebar penjual makanan dan warung-warung. Mulai dari yang elit sampai angkringan. Malioboro memang terkenal sebagai primadonanya Jogja. Saya berani menjamin setiap orang yang traveling ke Jogja pasti mampir ke Malioboro. Di sana banyak ikon-ikon khas Yogyakarta, kuliner jalanan, dan lain sebagainya.

Jujur ketika pertama kali ke sana saya betah banget jalan-jalan di Malioboro, kadang sampai lupa waktu. Oh ya, perlu  diingat, KA Joglosemarkerto yang harga tiketnya Rp 80 ribu, sampai Jogja sudah gelap atau menjelang petang.  Sekitar pukul enam petang atau tujuh malaman. Artinya kamu akan mendapatkan nuansa malam di Malioboro. Seperti yang saya tulis tadi, kalau sudah di Malioboro kita bakalan hanyut dan lupa waktu. Tahu-tahu sudah malam.

Biasanya yang baru pertama kali ke Jogja bisa jadi agak kesulitan mau nginep di mana. Alhasil karena kebetulan sedang di Malioboro, main singgah saja ke sembarang penginapan. Padahal enggak tahu sama sekali fasilitas apa yang ditawarkan. Bisa jadi, harga sama fasilitasnya enggak sebanding. Repot kalau begitu, tidurnya bisa enggak nyaman. 

Setelah saya cari-cari hotel lewat aplikasi ternyata ada hotel yang enggak terlalu mahal tapi fasilitasnya bagus. Satu lagi, nginepnya dekat Malioboro kok. Jadi kamu masih bisa membantu buat mewujudkan traveling mudah ke Jogja. Enggak perlu kepayahan nyari hotel yang lokasinya jauh dari Malioboro.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN