Mohon tunggu...
MARSUDI TRI SAMPURNO
MARSUDI TRI SAMPURNO Mohon Tunggu... Guru - Profilku

Berfikir positif untuk memperbaiki diri dan membuat sejarah yang baik. Twitter : @marsuditri FB : https://www.facebook.com/MARSUDITRISAMPURNO Blog : www.marsuditri2000.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Diklat Online di Masa Pandemi

1 Juli 2020   19:51 Diperbarui: 1 Juli 2020   19:48 234 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Diklat Online di Masa Pandemi
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

CERITA  DIKLAT DI MASA PANDEMI

Diklat di BDK Semarang.

Bulan Mei 2020 yang lalu saat,sekolah diliburkan karena adanya pandemi Covid-19 (Corona) saat itu siswa belajar dari dirumah karena memang tidak boleh berkegiatan berkelompok .Tatap muka di kelas sekarang berubah menjadi pembelajaran jarak jauh (daring). Akhirnya alat yang digunakan tergantung pada ketersediaan Teknologi yaitu, HP,Pulsa, Jaringan, serta Laptop.

Banyak tugas lewat Whatshap selain juga soal online yang harus di buat untuk siswa di rumah. Ternyata saat-saat siswa belajar di rumah ada panggilan diklat Online dari Balai Diklat Keagamaan Semarang. 

Diklat ini hasil tes sekitar bulan maret yang lalu dan alhamdulillah bisa ikut jadi peserta setelah diseleksi tentunya. Diklatku kali ini adalah tentang PJJ Diklat Media Pembelajaran VI. Pas juga waktunya sambil mengisi kegiatan dari rumah saat di bulan Ramadhan ini..

Diklat ini diadakan oleh Balai Diklat Keagamaan Semarang dengan sistem diklat secara online, sehingga para peserta diklat dapat dengan mudah untuk mengikutinya tanpa mengganggu kegiatan yang lain tentunya..Diklat online yang diadakan BDK Semarang bagi saya sangat menyenangkan, praktis, dan tidak mengganggu proses belajar daring dengan siswa.

Perlengkapan bagi para peserta yang mengikuti diklat ini hanya membutuhkan sebuah jaringan internet untuk dapat mengaskes situs diklat blc.bdksemarang.net dan Allhamdulillah saya dan rekan-rekan yang mengikuti sudah bisa internet dari rumah kami masing-masing. 

Oh ya pesertanya berjumlah 80 lebih satu kelasnya dan tersebar di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.Pembelajaran dari bapak WI (Widya Iswara) bapak H.Suyatno, Lc.MSI dengan melalui Mocrosoft Team 365 serta juga chad di web blc.bdksemarang.

Materi yang dipelajari antara lain, BLC, Google drive, Desain Formulir Online Geogle Forms, Google Site sebagai Web Blog,serta Google Classroom. Mengikuti diklat online kali ini adalah merupakan pengalaman kali pertama saya ikuti dengan perasaan penuh tantangan yang harus saya lekukan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang sudah diberikan oleh Bapak Suyatno selaku WI.. 

Kali pertama tantangan yang saya hadapi tentang minimnya pengetahuan saya tentang aplikasi-aplikasi perangkat pendukung seperti microsof 365 yang harus saya buat dahulu.Kalau lewat Whatshap sudah biasa tentunya karena sering dipakai. Ternyata banyak teman yang hampir sama kemampuannya dalam teknologi akhirnya saya tambah semangat mempelajari.

Kemudian tantangan lain yang saya hadapi adalah pembagian waktu untuk mengerjakan tugas diklat, yang harus jadi dalam durasi 1 sampai 2 hari. Oleh karena itu saya harus bisa menggunakan waktu sebaik mungkin untuk dapat menyelesaikan semua tugas-tugas tersebut tanpa meninggalkan tugas yang lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan