Mohon tunggu...
Marshanda Amalia
Marshanda Amalia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

mahasiswa Public Relations

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kuliah Peduli Negeri, Mahasiswa Universitas Mercu Buana Ajak UMKM untuk Bisa Mengelola Instagram sebagai Media Informasi

4 Desember 2022   21:20 Diperbarui: 4 Desember 2022   21:51 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto mahasiswa denga  perwakilan peserta UMKM RW 12 Cibubur 1 Jakarta Timur/dokpri

Jakarta, November 2022 -- Kuliah Peduli Negeri atau KPN merupakan mata kuliah wajib yang rutin dilakukan Mahasiswa Universitas Mercu Buana, Fakultas Ilmu Komunikasi, Jurusan Public Relations. Kali ini wujud dari kegiatan ini ialah, mahasiswa menyelenggarakan program yang bertajuk "Pelatihan Mengelola Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi pada UMKM di Wilayah RW 12 Cibubur 1 Jakarta Timur"

Foto mahasiswa saat pengenalan materi mengenai instagram/dokpri
Foto mahasiswa saat pengenalan materi mengenai instagram/dokpri
Dalam KPN ini terbagi menjadi beberapa tim, salah satunya Sahwahita Project. Dimana sesuai dengan namanya, program ini merupakan kegiatan pelatihan. Pelatihan dilakukan dengan membimbing para pelaku UMKM wilayah RW 12 Cibubur 1 untuk membuat akun Instagram, serta mengelola isinya. Seperti postingan gambar yang akan menghiasi akun bisnisnya. Tak hanya itu, teman-teman Sahwahita Project juga membantu peserta bagaimana cara mengambil gambar produk yang baik, copywriting untuk caption, serta fitur-fitur di Instagram yang bisa dimanfaatkan.

Foto mahasiswa dalam pemaparan fitur instagram serta tips dan trik konten instagram
Foto mahasiswa dalam pemaparan fitur instagram serta tips dan trik konten instagram

Pelatihan ini menjadi pilihan Sahwita Project, sebab mahasiswa melihat realitas yang ada dimana kita telah memasuki masa digital. Para pelaku bisnis banyak berkembang di media sosial, sebagai bentuk strategi untuk meningkatkan penjualan. Namun sayangnya, hal ini masih sulit dilakukan untuk UMKM. Apalagi semenjak maraknya Covid 19, semua aktivitas harus dilakukan di rumah tanpa kontak. Maka dari itu, UMKM ini perlu dibimbing untuk bisa tetap berjualan atau bahkan meluaskan pasar.

Balai Warga RW 12 Cibubur dijadikan lokasi pelaksaan pelatihan tersebut, Dengan durasi tiga hari pelatihan ini diselenggarakan, selama 2 jam, dari jam 10.00 sampai 12.00 WIB, dengan jumlah 20 peserta. Hari pertama pembukaan pada hari sabtu 12 November 2022. Dilakukan dengan berisikan pemberian materi terlebih dahulu pengenalan mengenai media social Instagram.

Foto mahasiswa membimbing peserta membuat akun instagram bisnis
Foto mahasiswa membimbing peserta membuat akun instagram bisnis

Foto Sambutan dari Bapak Wawan Ridwan, S.Ag, M.Pd selaku ketua RW 12 Cibubur 1 Jakarta Timur 
Foto Sambutan dari Bapak Wawan Ridwan, S.Ag, M.Pd selaku ketua RW 12 Cibubur 1 Jakarta Timur 

Hari kedua pada hari sabtu, 19 November 2022, diisi dengan materi fitus Instagram, tips dan trik fotografi, konten, dan copywriting, serta membuat akun Instagram bisnis peserta. Hari ketiga pada hari minggu 7 November 2022, dimana hari terakhir kegiatan ditutup dengan review hasil karya postingan peserta di Instagram, pemberian souvenir, dan sertifikat. Serta dihadiri oleh pak RW 12, Bapak Wawan Ridwan, S.Ag, M.Pd beliau juga memberikan sambutannya.

Foto penyerahan sertifikat
Foto penyerahan sertifikat

Antusiasme warga membuat kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar, para peserta aktif bertanya saat prosesi berlangsung. Respon positif yang diberikan, diharapkan mampu membantu warga dalam mengelola dan mengembangkan bisnisnya khususnya untuk UMKM RW 12 Cibubur 1.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun