Mohon tunggu...
Marsha Bremanda TR
Marsha Bremanda TR Mohon Tunggu... Lainnya - A learner, Dreamer, Achiever

Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Find me on instagram @marshabremanda

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pemberitaan di Era Serba Digital, Yuk Kenal Lebih Dekat dengan Jurnalisme Masa Kini dan Masa Depan

11 Oktober 2021   04:17 Diperbarui: 11 Oktober 2021   06:01 93 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Jurnalisme Masa Kini Sumber: pantau.com

Halo Sobat Kompasiana!

Pesatnya teknologi turut mengambil peran dalam berkembangnya dunia jurnalisme. Dulu, untuk mendapatkan sebuah informasi kita bisa melihat dari televisi, radio, maupun koran. Namun sekarang, dengan hadirnya jaringan internet kita lebih jauh dipermudah dalam mendapatkan informasi.

Perkembangan jurnalisme tadi bisa disebut new media atau jurnalisme online. Jurnalisme online merupakan proses penyebaran berita atau informasi melalui secara daring (dalam jaringan) menggunakan internet. Penjelasan lebih lanjut terkait jurnalisme online bisa dilihat di sini.

Di era digital seperti sekarang, dunia jurnalisme semakin lebih kompleks. Dalam hal ini, dari segi pemberitaan, tidak hanya berupa teks saja, tetapi bisa dilampirkan audio, video, infografis, dan lain sebagainya.

Fenomena tersebut dikenal dengan istilah jurnalisme multimedia. Jurnalisme multimedia ini sangat mencirikan dunia jurnalisme masa kini. Lalu, bagaimana dunia jurnalisme di masa depan? Apakah akan sama atau berbeda?

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang jurnalisme masa kini dan jurnalisme masa depan. Mulai dari perbedaan, sampai peran serta masyarakat dalam kedua jurnalisme tersebut. Yuk, tetap simak artikel ini sampai akhir, ya!

Jurnalisme Masa Kini, Pemberitaan di Era Serba Digital

Menengok sekilas pemberitaan pada zaman dahulu, praktik jurnalisme dilakukan secara linier (berurutan). Dalam hal ini, prosesnya dimulai dari pengumpulan berita (news gathering), penulisan berita (news writing), penyuntingan berita (news editing), dan penyebarluasan berita (news disseminated).

Tentu proses tersebut sangat jauh berbeda dengan pemberitaan pada jurnalisme masa kini atau jurnalisme multimedia. Dalam proses pembuatannya, jurnalisme masa kini dapat dilakukan secara tidak linier. Yakni penulisannya bisa dilakukan bersamaan dengan proses editing.  

Tak hanya itu, dalam hal publikasi atau penyebarluasan berita, dapat dilakukan secara real time. Jika dahulu untuk menerbitkan sebuah berita perlu memakan waktu yang cukup lama, kini dapat disebarkan secara langsung melalui sebuah platform atau website.

Ilustrasi Platform Media Sosial Sumber: accestrade.co.id
Ilustrasi Platform Media Sosial Sumber: accestrade.co.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan