Mohon tunggu...
Mohamad Arsad
Mohamad Arsad Mohon Tunggu... Guru - Guru SMP

hobi terbaru touring, musik, drumband, paskibra, pramuka.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Mengapa Bahasa Inggris menjadi Bahasa Dunia?

3 September 2022   17:36 Diperbarui: 3 September 2022   17:57 258 7 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Di indonesia terdapat banyak pulau, kebudayaan, sifat dan karakter manusia dan kelompok yang berbeda-beda, pada setiap kebudayaan maupun daerah mempunyai ciri khas masing-masing, mulai dari cara berpakaian, cara makan, cara berbaur, cara hidup, termasuk juga bahasa.

Nah, disini kita akan bahas bersama mengenai bahasa,

Terdapat begitu banyak bahasa yang ada di dunia, dan bahasa menjadi salah satu alat komunikasi paling efektif yang dipakai oleh setiap kelompok masyarakat, contohnya saja di indonesia ada yang namanya "bahasa ibu" bahasa yang didengar oleh anak pertama kali, nah bahasa ibu ini biasanya diturunkan oleh leluhur-leluhur di daerahnya, seperti bahasa jawa, sunda, minang, bugis dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Di satu daerah pun ada juga tingkatan bahasa nya, mulai dari bahasa yang paling sopan yang diucapkan orang tua, ada juga bahasa anak muda yang terdengar lebih gaul. Tiap generasi pun memiliki bahasa gaulnya masing-masing. Begitu juga cara mengucapkannya.

Jika di Indonesia saja tiap daerahnya memiliki begitu banyak bahasa dan logat, apa lagi kalau kita bahas Dunia, yaap Dunia. Nah di dunia pun begitu banyak bahasa yang dipakai, tiap-tiap negara punya bahasanya sendiri-sendiri, di dalam negara itu pun selain punya bahasa nasional, ada juga bahasa daerahnya, nah ini perlu difahami oleh kita jika ingin bepergian keluar dari daerah asal kita.

Kita ambil salah satu contoh saja, di dunia pendidikan kita saat ini, ada beberapa pelajaran bahasa yang ada di sekolah, sebut saja Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang dan Bahasa Jerman. Mata pelajaran berbahasa yang paling umum dipelajari di sekolah ada dua yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang diakui oleh dunia sebagai bahasa internasional, ada beberapa alasan mengapa bahasa inggris menjadi bahas ainternasional.

Hal ini dimulai sejak jaman kolonialisme Inggris, pada jaman itu Inggris memiliki wilayah terluas di dunia hasil dari jajahan. Di negara- negara yang menjadi koloni Inggris, bahasa pengantar yang digunakan untuk membahas perdagangan, migrasi, buku, idealisme, keagamaan dan lain sebagainya adalah Bahasa Inggris, sehingga hal ini memicu masyarakat yang mejadi koloni nya mempelajari Bahasa Inggris.

Setelah pecahnya perang dunia pertama, kondisi dunia saat itu berubah, mulai dari perekonomian, teknologi dan peradabannya. Ketika itu ada satu negara yang bertengger kuat diantara negara-negara lain dalam hal tadi yaitu Amerika. 

Hal ini mempengaruhi dunia saat itu bahwa jika ingin bertahan didalam perubahan yang terjadi maka banyak negara yang berupaya mendekati negara besar tersebut guna menjalin kerjasama dibidang perdagangan. Hal ini pula yang membuat bahasa inggris lebih dikenal luas dan dipakai sebagai alat komunikasi terhadap negara besar itu.

Puluhan tahun berlalu, semakin hari teknologi dunia semakin berkembang, melalui penemuan-penemuan dan penciptaan peralatan teknologi. Efek dari melejitnya teknologi dunia juga menjadi faktor mengapa bahasa inggris menjadi bahasa internasional yang diakui. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan