Mohon tunggu...
Marlon Melaira
Marlon Melaira Mohon Tunggu... Guru - guru

bermain sepakbola

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

RPP Teks Cerpen

1 Oktober 2022   11:49 Diperbarui: 1 Oktober 2022   11:59 3096
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                        : SMP Negeri Tiakur

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             : IX/1

Alokasi Waktu             : 6 X 40 menit (2 X pertemuan)

  • Kompetensi Inti
  • Menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  • Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  • Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  • Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

  • Kompetensi Dasar
  • Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar.
  • Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Membuat kesimpulan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar.
  • Tujuan Pembelajaran
  • Dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, berbantu infocus dan kutipan teks cerpen serta penerapan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan, diharapkan peserta didik dapat:
  • Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari kutipan teks cerita pendek yang dibaca.

  • Materi Pembelajaran 
  • Unsur pembangun karya sastra (cerpen)

 

  • Pendekatan, Model dan Metode 
  • Pendekatan     :  Saintifik
  • Model              :  Discovery Lenarnig
  • Metode            :  Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan

 

  • Kegiatan Pembelajaran 
    • KEGIATAN PENDAHULUAN
    • Alokasi Waktu
    • Orientasi
    • Melakukan pembukaan dengan salam dan mengajak peserta didik berdoa sebagai ungkapan rasa syukur kepada TYME (religious)
    • Mengecek kehadiran peserta didik melalui absensi (disiplin)
    • 15 menit
    • Apersepsi
    • Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
    • Motivasi
    • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari:
    • apabila materi ini dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat:
    • Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari kutipan teks cerita pendek yang dibaca.
    • Pemberian
    • Acuan
    • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
    • Menyampaikan garis besar cakupan materi.
    • Pembagian kelompok untuk berdiskusi.
    • Peserta didik menerima berbagai informasi tentang
    • Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra (cerpen).
    • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
    • KEGIATAN INTI
    • Sintak Model Pembelajaran
    • Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    • 90 menit

    Stimulation (pemberian rangsangan)

    •  
    • Peserta didik mengamati contoh teks cerpen dan unsur intrinsik yang diberikan oleh guru dengan cermat. (literasi)
    •  

    Problem statement

    • (pernyataan/ identifikasi masalah)
    • Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
    • Peserta didik mengidentifikasi masalah dengan membuat pertanyaan-pertanyaan mengenai unsur-unsur intrinsik cerita pendek.

    Data Collection

    • (pengumpulan data)
    • Secara berkelompok, peserta didik berdiskusi untuk:
    • Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari kutipan teks cerita pendek yang dibaca. (berpikir kritis, kerja sama)

    HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun