Mohon tunggu...
Marla Suryani Lasappe
Marla Suryani Lasappe Mohon Tunggu...

Saya berbintang Pisces--------------------------------------------------- hobby cooking, travelling------------------------------------------------------- I am a writer, food blogger ----------------------------------------------------- IG: marlasuryani ------------------------------------------------------------------- twitter: marlasuryani@marla-suryani--------------------------------------- http://aksaramarla.wordpress.com https://www.facebook.com/marla.thalib

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Dalam Secangkir Kopi, Ada Hobi dan Passion Menyatu

10 April 2019   21:20 Diperbarui: 11 April 2019   12:07 0 2 1 Mohon Tunggu...
Dalam Secangkir Kopi, Ada Hobi dan Passion Menyatu
Dokumentasi pribadi

Artikel saya kali ini akan membahas sepasang suami istri yang mempunyai  hobi hingga menemukan passion mereka  masing-masing.... 

Setiap orang pasti mempunyai hobi, baik itu hobi dibidang olahraga, wisata, kuliner, bercocok tanam dan lain sebagainya. Dan biasanya dari hobi itu akan timbul sesuatu yang namanya passion.

Sebenarnya apa sih perbedaan antara hobi dengan passion?

Hobi menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah sebuah kesenangan istimewa yang dilakukan diwaktu senggang dan bukan merupakan suatu pekerjaan utama. Contoh hobi misalnya : saya hobi berenang, tidak berarti saya harus jadi atlet renang kan?, cukup sesekali  dikala waktu senggang saya mengisi waktu untuk berenang.

Passion berasal dari bahasa inggris yang mengandung arti dalam bahasa Indonesia adalah "gairah", sedangkan makna gairah dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah keinginan atau hasrat atau keinginan yang kuat. Ketika seseorang merasakan "passion" di dalam dirinya, maka ia akan merasakan haus terus menerus. "Dia pun ingin lebih baik di dalam melakukan pekerjaan ataupun kegiatan yang berdasarkan passion.

Jadi  perbedaan antara hobi dan passion adalah, jika hobi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan atas dasar keseangan dan dilakukan di waktu senggang, sedangkan passion adalah sebuah gairah dalam melakukan kegiatan yang dibarengi dengan keinginan untuk melakukan hal yang lebih baik dari sebelumnya. 

****

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Seminggu yang lalu, tepatnya tanggal 3 April 2019, saya bersama teman -teman dari Ketapels meet up  atau bertemu dengan sepasang suami istri yang sangat bersahabat.

Adalah Tasya Sophianti, seorang perempuan pekerja yang mempunyai hobi traveling dan suaminya Rene Suhardono.

Tasyapun mulai bercerita awal mula menemukan passionnya. Berawal dari seringnya mendengarkan talk shoe disalah satu stasiun radio yang membahas tentang passion yang dibawakan oleh Rene Suhardono. Saat itu dia tak pernah berfikir apa sebenarnya passionnya, karena bagi Tasya bekerja adalah pekerjaan rutinnya. Setelah mendapat pencerahan mengenai passion, dia mulai melakukan pencarian passion. Kurang lebih 10 tahun hobi travellingnya atau hobi jalan-jalannya, dia selalu menulis apa yang dinikmati dan  dirasakannya dalam sebuah blog yang bernama "tesyablog"

Blog mengenai perjalanan travelling mulai dari daerah-daerah yang ada di Indonesia, hingga beberapa negara seperti Australia, New Zealand, Jepang dll, mendapatkan tanggapan positif dari para pengunjung blognya , mulailah Tasya menemukan passionnya yaitu "Menulis Travelling"

Lain lagi kisah sang suami Rene atau yang akrab  dipanggil dengan nama kesayangan "Mr. Husband" dalam blognya. Kecintaan Rene terhadap barista berawal dari hobi minum kopi setiap kali melakukan travelling, setiap kali pula dia memperhatikan baristanya saat membuat kopi.

Rene menemuan passionnya bermula  dari hobi minum kopi plus belajar meracik kopi melalui  kelas barista ,"ABCD School of Coffee".

Waktu belajarnya cukup singkat yaitu 3 hari, tetapi harus menguasai pelbagai ilmu, sejarah kopi, merasakan "taste" kopi, jenis-jenis kopi, "flavor" kopi, bagaimana meraciknya menjadi ramuan yang disukai oleh penggemar kopi. Impian Rene dalam mewujudkan passionnya adalah memiliki coffe shop.

Agustus 2018 grand openning  Coffe Shop bernama " Mr. Husband " yang terletak di Pasar Intermoda BSD. Konsep yang diusung adalah iteraksi antara pengunjung dan sang barista.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
So... jika anda memiliki hobi dan sekiranya hobi tersebut menjadi suatu passion, siapa tahu bisa menjadi seperti mereka.... iya mereka yang bisa menghasilkan uang dari hoby.

salam 

Pamulang, 10 April 2019