Marla Lasappe
Marla Lasappe ibu rumah tangga

Saya berbintang Pisces--------------------------------------------------- hobby cooking, travelling------------------------------------------------------- I am a writer, food blogger ----------------------------------------------------- IG: marlasuryani ------------------------------------------------------------------- twitter: marlasuryani@marla-suryani--------------------------------------- http://aksaramarla.wordpress.com https://www.facebook.com/marla.thalib

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Yuk! Cegah Diabetes dengan Cerdik

6 Desember 2017   23:03 Diperbarui: 6 Desember 2017   23:22 536 1 1
Yuk! Cegah Diabetes dengan Cerdik
Dokumentasi Pribadi

Sering kali kita mendengar kata "Diabetes Melitus {DM}"  atau sering disebut juga dengan " Penyakit Kencing Manis". Sebenarnya Diabetes  itu apasih?

Diabetes adalah suatu kondisi dimana kadar gula {glukosa } dalam darah tinggi. Tubuh memproduksi insulin, suatu hormon yang dikeluarkan oleh pangkreas, untuk memecah gula yang di konsumsikan dalam makanan. Penurunan produksi dan / atau pemanfaatan insulin menyebabkan diabetes.

***

Simposium Hari Diabetes Sedunia 2017

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi

Simposium Hari Diabetes Sedunia 2017 mengangkat tema " Woman and Diabetes"  dihadiri 600 undangan mulai dari Dinas Kesehatan, Praktisi Kesehatan, Dokter, Mahasiswa, Media dan Blogger.

Bertempat di Hotel Ritz Carlton, Rabu 29 November 2017, yang bertujuan untuk  penanggulangan diabetes melalui berbagai program seperti peningkatan fasilitas pelayanan kesehatan, peningkatan keterampilan bagi para praktisi kesehatan. Dan yang lebih utama memberikan edukasi kepada pasien bahwa diabetes itu tidak dapat disembuhkan tetapi bisa dikendalikan, konsumsi makanan sehat dan mencukupi kebutuhan dieat tubuh, olah raga teratur dan obat hanya dikonsumsikan ketika dibutuhkan.

Bersamaan dengan acara tersebut diresmikan peluncuran " Indonesia Mampu Cegah Risiko Tinggi Diabetes Dan Hipertensi" oleh  Prof. Dr. dr, Nila F Moeloek, Sp.M(K) Selaku Menteri Kesehatan dan Perdana Menteri Denmark Mr. Lars Lokke Rasmussen.

***

Woman And Diabetes 

Mengapa harus mengangkat tema Woman And Diabetes?  karena dari tahun ke tahun angka penderita penyakit diabetes terus meningkat di seluruh dunia, penderitanya hingga saat ini masih didominasi oleh wanita. khususnya wanita yang sedang hamil. Karena wanita dalam kondisi ini cenderung untuk tidak banyak bergerak. Ini membuat tubuhnya tidak banyak menghabiskan karbohidrat dan glukosa yang ada. Hal ini yang akhirnya dapat memicu datangnya penyakit Hipertensi, Kolesterol tinggi sampai Diabetes.

Mengenal lebih dekat Gejala Diabetes Melitus

1. Sering berkemih

2. Haus berlebihan

3. Lapar sekali

4. Kehilangan berat badan

5. Nafas berbau buah

6. Kelelahan

7. Kehilangan perhatian dan konsentrasi

8. Muntah dan nyeri lambung

9. Kaburnya penglihatan

10. Sering terinfeksi

11. Penyembuhan luka yang lambat

12. Mengompol di waktu tidur, pada anak dan dewasa

Siapa saja sih yang berisiko terkena diabetes?

1. Kelompok usia tua (45 tahun ke atas)

2. Kegemukan, BB (kg) > 120% BB ideal

3. Tekanan darah tinggi, >140/90 mmHg

4. Riwayat keluarga DM, ayah, ibu atau saudara kandung ada yang terkena penyakit Diabetes Melitus.

5. Riwayat kehamilan dengan BB lahir bayi >4.000 gram

6. Riwayat DM pada kehamilan

7.Dislipidemia (HDL< 35 mg/dl) dan atau Trigliserida >250mg/dl

8. Pernah TGT (Toleransi Glukosa Terganggu) atau GDPT (Glukosa Darah Puasa Terganggu).

Jika positif terkena penyakit  diabetes jangan lupa harus secara rutin memeriksakan kadar glukosa dan melakukan konsultasi ke POSBINDU, Puskesmas, atau pusat kesehatan lainnya.

***

Diabetes adalah Penyakit Tidak Menular tetapi ibu dari segala penyakit . Untuk itu yuk ! cegah risiko diabetes dengan CERDIK

Program CERDIK adalah langkah preventif yang dibuat agar masyarakat yang masih sehat dan bugar dapat terhindar dari berbagai penyakit tidak menular (PTM). Program  ini terdiri atas:

  • Cek kesehatan secara berkala
  • Enyahkan asap rokok
  • Rajin Olahraga
  • Diet sehat dengan kalori seimbang
  • Istirahat yang cukup
  • Kelola stress

Hidup sehat tanpa diabetes dan bagaimana mengurangi risikonya?

Aktif secara fisik dengan melakukan olah raga minimal 30 menit setiap hari

Makan makanan yang sehat antara tiga dan lima porsi buah dan sayuran setiap hari dan mengurangi asupan gula,garam dan lemak jenuh

Tes Glukosa darah dan kadar HbA1c {cek kesehatan secara teratur}

Hindari penggunqaan rokok, alkohol , kelolah stres dan istirahat cukup

Mencapai dan mempertahankan berat badan yang ideal.

***

diabetes1-5a28193ab3f86c3b856d6792.jpg
diabetes1-5a28193ab3f86c3b856d6792.jpg

Hayooooo..... milih mana????? Mencegah atau Mengobati ???

Sayangilah diri kita mulai dari sekarang

 

***End***

Semoga bermanfaat

Salam Sayang  MSL

Pamulang, 6 Desember 2017

*Sumber Kemenkes