Mohon tunggu...
Marius Gunawan
Marius Gunawan Mohon Tunggu... Profesional

Tulisan sebagai keber-ada-an diri dan ekspresi hati

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Inikah Calon Kuat 'Kuda Hitam' di Pilpres 2024?

2 Juli 2019   21:48 Diperbarui: 3 Juli 2019   06:35 943 8 5 Mohon Tunggu...
Inikah Calon Kuat 'Kuda Hitam' di Pilpres 2024?
Sumber gambar: mogimogy.com

Presiden terpilih belum dilantik tapi sudah beredar nama - nama calon kuat Capres 2024. 

Adalah lembaga Survei LSI yang merilis hasil survei mereka mengenai prediksi ini.

Menurut LSI sudah ada 15 tokoh nasional yang masuk dalam radar publik sebagai calon presiden yang ikut kontestasi Pilpres pada periode berikutnya.

 Ke-15 tokoh tersebut berasal dari jenjang pemerintah daerah, antara lain Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta), Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) dan Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim). 

Kemudian dari jenjang pimpinan parpol, yakni Prabowo Subinato (Gerindra), Sandiaga Uno (PAN?), Airlangga Hartarto (Golkar), AHY (Demokrat), Puan Maharani (PDIP) dan Muhaimin Iskandar (PKB). Lalu, dari jenjang jabatan pemerintahan pusat, yakni Sri Mulyani (Menteri Keuangan), Budi Gunawan (Kepala BIN), Tito Karnavian (Kapolri) dan Gatot Nurmantyo (Mantan Panglima TNI).

Kalau kita melihat ke 15 nama tadi, memang semuanya dikenal dalam kancah nasional. Tidak ada kejutan di sana.

Namun LSI masih menyisakan satu nama yang disebut sebagai mister X atau kuda hitam yang mungkin saja pada saat akhir akan masuk dalam kancah persaingan tersebut dan bisa memenangkan kontestasi. 

Siapakah dia?

"Bisa jadi BTP masuk sebagai sosok misterius yang tadi, sosok Mr. X. Efek kejut ke depan 2024," ujar Rully usai konferensi pers bertajuk "Setelah Putusan MK: 15 Capres 2024 Masuk Radar" di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta, Selasa (2/7/2019). (Berita satu)

Ya, BTP atau Ahok lah yang dikategorikan LSI sebagai si kuda hitam itu. 

Sebenarnya Ahok tidak bisa juga dikatakan sebagai mister X atau kuda hitam. Dia sebenarnya bisa ikut dikategorikan sebagai calon Capres yang masuk dalam radar publik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN