Mohon tunggu...
Marius Gunawan
Marius Gunawan Mohon Tunggu... Profesional

Tulisan sebagai keber-ada-an diri dan ekspresi hati

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Hobby untuk Aktualisasi dan Bakat yang Bermanfaat

2 Maret 2019   12:00 Diperbarui: 2 Maret 2019   14:02 0 1 0 Mohon Tunggu...

Sumber: YouTube

Bakat dan talenta adalah anugerah. Ada yang bisa memakainya untuk usaha dan sumber penghidupan, ada yang hanya menjadikannya sebagai hobby.

Penulis sendiri punya beberapa hobby, seperti: membaca, menulis, menyanyi, fotografi, camping, memancing, olah raga. 

Nampaknya cukup banyak, namun sebagian besar hanya sekedar hobby.

Seperti menulis di Kompasiana ini. Untuk penulis, ini hanya sebagai saluran opini supaya apa yang ada di dalam pikiran bisa tersalurkan. Agar pendapat atas segala hal tidak hanya tersimpan di dalam hati. Harus diakui, setelah menulis opini, apalagi mengenai situasi politik saat ini, terasa ada kelegaan. Jadi menulis dalam hal ini, sekedar menjadi katup pengaman.

Hobby menyanyi dulunya hanya tersalurkan di kamar mandi. Lalu sekali - sekali dilampiaskan di ruang Karaoke atau di panggung kalau ada yang hajatan. Mau ikut ajang Indonesian Idol belum punya nyali. Ya, mungkin karena bakat ini dirasa hanya pas - pasan.

Sekarang ini dengan adanya aplikasi karaoke online seperti Smule dan StarMaker, maka penulis bisa menyanyi untuk menghibur hati dan sedikit memamerkannya ke lebih banyak orang.

Kalau mau ikut menyaksikan silahkan menikmati Video di atas dan mengunjungi link account Video ini: 

https://www.youtube.com/channel/UCuc96Vqe9pvd3V0jhOfegCg

Kalau camping dan kegiatan luar lapangan, memang itu semacam pelampiasan dan nostalgia. Ini adalah kompensasi hidup di kota, sehingga rindu kembali ke alam seperti dulu waktu kecil setiap hari bermain di hutan Kalimantan.

Lalu apa hobby  yang bisa dikatakan menjadi bagian dan sumber kehidupan? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2