Mohon tunggu...
Maritza Sukmanadia
Maritza Sukmanadia Mohon Tunggu... Mahasiswa - ❤️

❤️

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Pengembangan Literasi Dasar pada Siswa di RA Nurul Hidayah Bogor

28 September 2021   17:42 Diperbarui: 28 September 2021   17:46 76 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pelaksanaan KKN Tematik UPI gelombang satu telah berakhir. Kini giliran gelombang dua menyerbu dengan judul yang baru yaitu "Kuliah kerja Nyata Tematik Literasi dan Rekognisi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka-Pusat Prestasi Nasional". KKN kali ini mengambil tema "Mengembangkan Literasi (Baca Tulis, Numerasi, Sains, Digital, Finansial, serta Budaya dan Kewargaan) dan Rekognisi Merdeka Belajar Kampus Merdeka-Pusat Prestasi Nasional". 

Walaupun masih dilaksanakan secara daring, tema kali ini tidak lagi menggunakan embel-embel "Pencegahan/penanggulangan Covid-19 atau sejenisnya. Pihak-pihak penyelenggara menginginkan agar kita segera meninggalkan pandemi ini.

Selain itu, tema ini diambil karena tingkat literasi siswa di Indonesia termasuk rendah. Sudah banyak portal-portal berita saat ini membeberkan mengenai hasil penilaian Programme for International Student Assessment (PISA) terkait tingkat literasi di Indonesia hanya setingkat lebih baik dari Filipina dalam lingkup Asean.

Setelah melakukan sosialisasi dan survei tempat beberapa kali, pelaksanaan KKN pun dimulai dari tanggal 06 September-26 September 2021. Penulis melaksanakan kegiatan pendampingan di RA Nurul Hidayah yang dekat dengan tempat tinggal. Program-program yang dipilih yaitu Literasi Baca Tulis, Literasi Numerasi, dan Literasi Sains untuk sasaran 10 orang siswa dan 10 orangtua yang bersedia.

Kegiatan diawali dengan memperkenalkan program-program literasi dasar pada guru. Kami mendiskusikan strategi pembelajaran yang efekttif untuk dilakukan supaya minat literasi pada siswa meningkat. Kemudian penulis memperkenalkan situs resmi pemerintah yang isinya seputar literasi yaitu gln.kemdikbud.go.id. Penulis juga mencoba menyediakan bahan bacaan untuk meningkatkan literasi Baca Tulis< Numerasi dan Sains. 

Bahan bacaan yang penulis pilih yaitu buku cerita bergambar yang di dalamnya terdapat gambar-gambar yang menarik dan unik untuk sekaligus melatih penglihatan Siswa dan mencoba agar siswa berpikir luwes. Misalnya, menebak hewan dari potongan gambar, menghitung, menemukan persamaan atau perbedaan antara hewan yang satu dengan lainnya, kisah-kisah yang menanamkan budi pekerti, dan lain-lain.

dokpri
dokpri

Buku Cerita Bergambar yang Menarik sekaligus Mengedukasi/dokpri
Buku Cerita Bergambar yang Menarik sekaligus Mengedukasi/dokpri

Dengan adanya program literasi dasar di sekolah ini diharapkan dapat membantu meringankan pekerjaan para guru dan menjadikan sekolah-sekolah tersebut semakin berkembang untuk generasi masa depan yang lebih baik. Sehingga negara  Indonesia tidak lagi memiliki peringkat skor PISA yang rendah.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan