Mohon tunggu...
Marito Situmorang
Marito Situmorang Mohon Tunggu... Mahasiswa - Akun mahasiswa

An employee and a student

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pentingnya Pohon untuk Kehidupan di Bumi

28 September 2021   22:50 Diperbarui: 28 September 2021   22:59 40 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Pohon untuk Kehidupan di Bumi
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Di zaman yang serba teknologi dan terus melesat maju manusia semakin cerdas menciptakan teknologi baru namun semakin lupa betapa pentingnya pohon untuk kehidupan di Bumi. Seringkali teknologi baru sangat bertentangan dengan konsep pelestarian pohon. Mengingat kehidupan di Bumi yang sangat bergantung pada pohon maka sangat penting untuk kita menjaga kehijauan dilingkungan terdekat kita.

Sebelum memulai lebih lanjut tahukah anda apa saja fungsi pohon? 

1. Sebagai penghasil oksigen 

Pohon menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan oleh bumi dan mahluk hidup dengan cara menyerap karbondioksida dan menjadikannya oksigen. 

Menurut penelitian Mohammad Hasroel Thayib, pakar lingkungan Universitas Indonesia, satu pohon, jika dikonversi ke rupiah, rata-rata menghasilkan oksigen senilar Rp 1.174.000 per hari.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pohon atau hutan merupakan jantung dunia.

2. Solusi pencemaran udara

Di zaman yang serba polusi ini pohon adalah solusi dari pencemaran udara. Pencemaran udara bisa disebabkan oleh asap kendaraan, asap pabrik, asap pembakaran dan lain-lain. Pencemaran udara dapat menipiskan lapisan ozon yang membuat bumi semakin panas. Cara kerja pohon yang menyerap karbondioksida untuk berfotosintesis sangat menguntungkan untuk bumi.

3. Sebagai pencegah bencana alam

Pohon juga dapat menjadi solusi untuk mencegah bencana alam seperti banjir, longsor, dan erosi. Akar pohon sangat berguna dalam menyerap air berlebih dan mempertahankan tekstur tanah.

4. Sebagai penghasil bahan baku utama

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan