Mohon tunggu...
Mario Senduk
Mario Senduk Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Strategi Membuat Desain Pesan Kesehatan

2 Desember 2017   05:20 Diperbarui: 2 Desember 2017   08:16 825
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

INTISARI

Sebagian besar teori komunikasi kesehatan berfokus pada rangsangan yang memicu motivasi seseorang untuk melakukan suatu tindakan (outcome variable) yang dipengaruhi oleh penilaian individu terhadap lingkungan dan sumber daya. Stimuli adalah materi, tindakan, atau prosedur perancang pesan kesehatan yang digunakan untuk meminta penerima menghadiri pesan mereka (Atkin & Freimuth, 1989). Motivasi adalah dorongan internal yang berasal dari kognisi seseorang tentang pesan tersebut. Bagaimana seseorang berpikir tentang bahaya, ditambah dengan emosi orang biasa, menentukan kekuatan motivasi yang mendorong seseorang merespons rangsangan.

Kekuatan motivasi mempengaruhi sejauh mana orang merasa terdorong untuk menilai sumber daya dan lingkungannya untuk menentukan mekanisme dan sumber daya apa yang tersedia untuk mempromosikan perilaku positif dan / atau mencegah ancaman potensial. Akhirnya, variabel hasil adalah ukuran konkret yang digunakan komunikator kesehatan untuk mengetahui efek rangsangan (pesan) yang ada pada audiens. Variabel hasil mencakup perubahan keyakinan, pengetahuan, sikap, niat, dan perilaku serta tanggapan negatif terhadap kampanye seperti reaktansi atau penolakan. Pesan komunikasi kesehatan yang paling lengkap dan efektif akan membahas setidaknya satu variabel di masing-masing dari keempat kategori ini yang menyebabkan tindakan perlindungan kesehatan. Empat kategori tersebut antara lain

Perancang pesan harus terlebih dahulu memutuskan bagaimana mencapai khalayak sasaran secara efektif dan membuat mereka mendengarkan atau memperhatikan pesan mereka. Singkatnya, mereka berusaha membuat pesan tersebut penting bagi penonton. Cues to action adalah pesan yang membuat individu memperhatikan pesan pada suatu konten. Mereka penting dalam memicu motivasi yang dibutuhkan untuk menyebabkan seseorang menilai sumber daya yang tersedia saat bertindak atas pesan tersebut.

  • Variabel Motivasi

Meskipun rangsangan sangat penting dalam menciptakan perhatian dan relevansi pribadi, motivasi adalah inti bagaimana sebuah pesan diproses dan dilakukan atau tidak tindakan diambil. Ada pesan yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran diri yang diketahuinya tanpa adanya promosi, namun bab ini berfokus pada pesan kesehatan yang tujuannya adalah untuk mengubah perilaku.

Misal dalam membuat variabel motivasi dapat diberikan variabel yang dapat menyebabkan ketakutan. etika seseorang dihadapkan pada situasi yang berpotensi mengancam (Bargh, 1989), ketakutan diwujudkan sebagai reaksi protektif yang singkat dan intens, hal tersebut dapat menimbulan perilaku tertentu.

Ketika individu menilai sumber daya dan lingkungan mereka yang ada, mereka melakukan inventarisasi dan mencoba untuk menemukan tidak hanya pilihan apa yang dapat bekerja untuk mencegah ancaman tersebut namun sejauh mana mereka dapat menggunakan opsi tersebut untuk mencegah ancaman tersebut. Proses penilaian mencakup: (a) penentuan individu terhadap efikasi yang dirasakan (yaitu, efisiensi respons, efisiensi diri, hasil efikasi dan harapan efikasi), (b) kepercayaan individu tentang apa yang orang lain pikir harus mereka lakukan (yaitu, norma subyektif ), dan (c) faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan individu tentang kemampuan mereka untuk melakukan tindakan yang direkomendasikan (yaitu, hambatan yang teridentifikasi, manfaat, lokus kontrol, sikap, dan struktur kepercayaan).

  • Variabel Hasil
  • Intensi dan perilaku, perancang pesan berharap dapat mempengaruhi perubahan perilaku; yaitu adopsi perilaku baru, atau modifikasi atau penghentian perilaku sebelumnya. Perilaku adalah kinerja aktual dari respons yang disarankan. Respon yang dihasilka dari pesan tersebut bisa saja, tidak ada respon, respon yang tidak bisa dikontrol, respon kontrol yang berbahaya.

PETUNJUK DESAIN PESAN KESEHATAN DI MASA DEPAN

Setidaknya ada empat bidang desain pesan kesehatan yang membutuhkan penelitian. Pertama, walaupun variabel pesan kesehatan yang dibahas dalam bab ini telah digunakan dalam kampanye selama bertahun-tahun, biasanya dipelajari secara terpisah, satu atau dua variabel dalam satu waktu. Periset telah membandingkan dan membandingkan satu atau dua teori untuk menjelaskan bagaimana variabel bekerja dengan sangat baik karena perhatiannya sangat beragam dalam kerangka keseluruhan.

Akibatnya, kita tahu banyak tentang variabel desain pesan individual, namun sedikit tentang bagaimana mereka semua bekerja sama; semua berbagai interaksi, efek tidak langsung, dan efek yang tidak diinginkan yang bisa terjadi. Seperti yang dinyatakan pada awal bab ini, penelitian di masa depan perlu menyelidiki dampak dari konteks, nilai, lingkungan politik, kebijakan dan mandat sosial, lingkungan dan lingkungan, dan sebagainya, mengenai perilaku terkait kesehatan. Studi yang dilakukan dari perspektif sosial ekologis (mis., Stokols, 1992), yang membuat saya mengetahui pengaruh relatif individu, kelompok, dan lingkungan juga akan menjadi tambahan yang disambut dengan baik dalam literatur.

KESIMPULAN

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun