Mohon tunggu...
Mario F. Cole Putra
Mario F. Cole Putra Mohon Tunggu... Lainnya - The Wrong

Pengagum Jacques Ranciere.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Real Madrid vs Levante UD: Guard of Honour untuk Levante UD

13 Mei 2022   12:56 Diperbarui: 13 Mei 2022   13:14 77 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Gambar: realmadrid.com

Real Madrid berhasil melumat tamunya, Levante UD, dalam laga lanjutan LaLiga jornada 36. Dalam pertandingan yang digelar di Estadio Santiago Bernabeu, Kamis (12/5 waktu Spanyol), Real Madrid berhasil membobol gawang Levante sebanyak 6 gol tanpa balas.

Gol-gol kemenangan Real Madrid dicetak oleh Ferland Mendy (13'), Karim Benzema (19'), Rodrygo Goes (34'), dan hattrik Vinicius Junior (45', 68', 83').

Kemenangan Real Madrid ini memang tidak akan memberi dampak apa-apa untuk Real Madrid di puncak klasemen. Sebab, mereka telah memastikan diri sebagai jawara LaLiga di jornada 34. Namun, ini sangat penting bagi tim dalam menghadapi Liverpool di akhir bulan Mei nanti dalam laga Final Liga Champions di Paris. Hitung-hitung sebagai pemanasan.

Di pihak lain, kekalahan Levante di kandang Real Madrid ini memberi dampak negatif. Pasalnya, kala bersua Real Madrid, Levante berada di dasar klasemen dengan 29 poin. Hal ini menunjukkan bahwa di musim depan, Levante akan bermain di LaLiga Segunda Division.

Namun, ada kredit yang kiranya bisa diberikan kepada Levante. Pujian sebesar-besarnya mesti diberikan kepada Levante karena tim yang berasal dari kota Valencia ini mau memberikan Guard of Honour kepada Real Madrid sebelum laga dimulai.

Guard of Honour merupakan tradisi di LaLiga Spanyol sebagai sebentuk penghargaan kepada sebuah tim yang baru saja menjuarai sebuah kompetisi. Selain itu, pemberian guard of honour kepada tim juara merupakan sebentuk sikap sportif dalam sebuah kompetisi.

Hal ini menjadi masalah sebab setelah Real Madrid memastikan diri sebagai jawara LaLiga 2021/2022 saat berhasil mengalahkan Espanyol, laga selanjutnya adalah melawat ke Atletico Madrid, rival sekotanya. Dan di sana, Atletico Madrid enggan memberikan guard of honour. Sedangkan di laga lainnya, Real Betis yang baru saja menjuarai Copa del Rey mendapatkan guard of honour dari Barcelona.

Tentu, yang dilakukan oleh Atletico Madrid itu menuai komentar negatif. Komentar itu seputar tidak sportifnya Atletico Madrid dalam berkompetisi. Atletico Madrid telah mempertontonkan suatu kompetisi yang tidak sehat. Padahal, dalam guard of honour, mereka hanya berbaris lalu memberikan tepuk tangan kepada tim juara yang memasuki lapangan.

Guard of honour memang sesederhana itu. Tapi, dilihat dari sisi rivalitas antara Real Madrid dan Atletico Madrid, tentu ada kecemburuan dari pihak Atletico Madrid yang tampaknya tidak senang dengan Real Madrid yang telah memastikan diri sebagai jawara LaLiga edisi 2021/2022. Kendati demikian, dalam berkompetisi, sekali lagi, harus mengedepankan sportifitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan