Mohon tunggu...
Mario Bonaventura
Mario Bonaventura Mohon Tunggu... Mahasiswa

Penulis Pemula

Selanjutnya

Tutup

Media

Kupas Singkat Berita dan Jenisnya

14 Oktober 2020   01:10 Diperbarui: 14 Oktober 2020   01:12 55 1 0 Mohon Tunggu...

Dalam berbagai pengertian mengenai berita yang ada, saya menyimpulkan bahwa berita merupakan sebuah fakta dari sebuah kejadian yang dibuat menjadi sebuah laporan yang bisa dipublikasikan dengan berbagai media, entah itu media cetak seperti koran dan media elektroik seperti tv dan radio.

Berita bukan hanya sekedar sebuah fakta yang dilaporkan dan dipublikasikan begitu saja. Berita memiliki jenis dalam isi penulisannya itu sendiri. Jadi, Disini saya menjelaskan sedikit dari apa yang saya ketahui tentang jenis-jenis berita.

1.Straight News
Straight News atau yang biasa disebut dengan berita langsung ini adalah senuah berita di dituju langsung kepada inti permasalahan / berita yang isinya singkat, ringkas, lugas dan apa adanya yang biasanya sesuai dengan fakta yang ada. Berita langsung ini dibagi menjadi 2 sudut pandang yaitu Hard News dan Soft News.

Hard news sendiri merupakan sebuah berita yang penting/sangat penting yang biasanya harus segera dilihat oleh para pembaca, sedangkan soft news adalah sebuah berita pendukung dari hard news atau berita yang tidak harus segera dibaca oleh para pembaca.

2.Opinion News
Jika Straight News merupakan berita yang didasarkan pada sebuah fakta yang ada, Opinion news ini merupakan sebuah berita yang dibuat berdasarkan sebuah pendapat, pandangan, dan juga ide dari seseorang terhadap sebuah peristiwa yang terjadi. Biasanya opinion news ini memuat berita dari seorang cendikiawan, masyarakat, pakar, dan juga para tokoh masyarakat.

3.Interpretative News
Seperti halnya dengan soft news yang merupakan sebuah berita pendukung dari sebuah hard news, Interpretative news juga merupakan perkembangan dari sebuah straightnews, mengapa dikatakan begitu ? 

Karena biasanya berita yang disampaikan dalam straightnews ini berisikan tentang data-data yang akurat dan juga menampilkan sebuah bukti wawancara dari seorang narasumber sebuah berita. Dengan kata lain bisa dikatakan bahwa interpretative news ini merupakan berita lengkap dari sebuah straightnews.

4.Depht News
Depht news atau yang biasa disebut juga dengan berita mendalam adalah sebuah berita yang dituliskan secara lengkap dan mendalam didukung dengan berbagai data yang ada. 

Depht news ini biasanya membahas atau menonjolkan pertanyaan yang secara tidak langsung tertulis dalam beritanya yaitu "bagaimana peristiwa ini dapat terjad ?", "Mengapa peristiwa ini dapat terjadi?"agar para pembaca bisa lebih focus pada peristiwa tersebut.

5.Investigation News
Investigation news atau yang bisa diartikan dengan berita invenstigasi adalah berita yang dibuat dari sebuah hasil penyelidikan terhadap sebuah peristiwa. Jika dalam depth news terdapat pesan "bagaimana peristiwa tersebut dapat terjadi?" maka dalam investigation news ini merupakan pembuktian dari depth news yang akhirnya mengacu pada sebuah "dugaan" dari hasil penyelidikan seorang wartawan.

Semua penulisan diatas ditulis berdasarkan subjektivitas sang penulis. Terima kasih sudah melihat dan membaca penulisan ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x