Mohon tunggu...
Mario Fernandes
Mario Fernandes Mohon Tunggu... Sekolah Kajian Strategik dan Global Universitas Indonesia

mario.fernandes@ui.ac.id

Selanjutnya

Tutup

Keamanan Pilihan

Mengapa Keamanan Nasional Penting?

28 Oktober 2020   17:20 Diperbarui: 28 Oktober 2020   17:25 677 5 0 Mohon Tunggu...

Dikutip dari buku yang berjudul " The National Security Problem in Internasional Relations Security Problem in International Relations " bahwa keamanan nasional merupakan inti dari kebijakan politik internasional dan penentu kebijakan dan keamanan nasional suatu negara. Keamanan nasional mengandung pengertian keamanan suatu negara sebagai satu kesatuan (entitas), bukan totalitas keseluruhan masalah keamanan, yaitu keamanan negara dan keamanan kehidupan dalam suatu negara.

Terdapat dua hal yang dijadikan pertimbangan dalam penentu kebijakan yakni ancaman keamanan yang rill atau bersifat fisik, dan ancaman non-rill atau yang tidak bersifat fisik. Yang dimaksud dengan ancaman rill atau ancaman fisik ialah hal yang berkaitan dengan konsep kewilayahan negara, yang mana dalam suatu negara terdiri dari wilayah yang dimukimi oleh ras, suku ataupun suatu entitas tertentu yang memiliki batas geografis jelas, sah atau diakui. Batas geografis suatu negara bisa disamakan dengan batas kedaulatan negara tersebut. Ancaman yang bersifat rill merupakan ancaman yang bisa dirasakan langsung oleh suatu negara merupakan definsi dari ancaman fisik.

Berbeda dengan ancaman rill yang bisa dilihat ataupun dirasakan secara langsung, ancaman non-fisik tidak bisa langsung dirasakan dampaknya, contohnya ialah ancaman ekonomi dan politik, Barry Buzzan menyadari bahwa konsep keamanan nasional merupakan suatu konsep yang abstrak atau sulit untuk didefinisikan, adapun ancaman yang dihadapi oleh suatu negara berbeda dengan ancaman yang dihadapi oleh negara lain.

Buzzan menyatakan bahwa tujuan dari keamanan nasional pada suatu pemerintah dipengaruhi oleh cita-cita utama dari suatu negara, atau dikenal dengan istilah idea of the state. Cita-cita besar suatu negara tersebut merupakan suatu harapan yang dirumuskan oleh para founding father suatu negara, umpamanya sebuah kemudi yang membawa suatu negara untuk melangkah atau menjadi bangsa yang seperti apa.

Keamanan Nasional merupakan hal yang penting bagi suatu Negara dan merupakan bagian integral dalam Ketahanan Nasional yang selanjutnya Ketahanan Nasional akan mendorong Pembangunan Nasional. Dalam buku making strategy an introduction to national security processes and problems (Col Dennis M. Drew, 1988) disampaikan bahwa terdapat tiga faktor penting dalam mewujudkan keamanan nasional yaitu: kekuatan politik (diplomasi), kekuatan ekonomi dan kekuatan militer.

Dan dari tiga faktor penting tersebut, di era globalisasi seperti sekarang yang paling penting adalah kekuatan ekonomi. Kita dapat melihat negara yang secara kekuatan militer biasa-biasa saja seperti Singapura, Jepang dan Korea Selatan dapat memiliki pengaruh secara global melalui kekuatan ekonomi.

Mengutip laman World Economic Forum, 20 Juli 2020, Indonesia diprediksi akan menjadi 5 (lima) negara yang memiliki ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2024. Melihat peluang dan potensi ini Indonesia harus menjamin kestabilan negara dengan memitigasi segala resiko yang mengancam keamanan nasional. Sebagai suatu negara yang belum dapat menghasilkan sendiri segala keperluannya, Indonesia, berkepentingan untuk dapat melangsungkan hubungan ekonomi dengan negara-negara lain di dunia.

Suasana aman dan damai di seluruh dunia akan memungkinkan Indonesia memasarkan hasil-hasil produksinya ke segenap penjuru dunia, dan sebaliknya memperoleh segenap keperluan yang belum dapat dihasilkan sendiri dari negara yang dapat menyediakannya. Sehubungan dengan kepentingan itu, bangsa Indonesia merasa wajib untuk turut serta dalam setiap usaha mewujudkan dan memelihara perdamaian dunia dan menjaga keamanan nasional serta stabilitas negara.

Mengingat bentuk dan letak geografis Indonesia sebagai suatu wilayah lautan dengan pulau-pulau di dalamnya serta segala sifat dan corak khasnya, maka implementasi nyata dari keamanan nasional sangat diperlukan, di satu pihak untuk dapat menjamin keutuhan wilayah nasional dan melindungi sumber-sumber kekayaan alam beserta eksploitasinya, serta di lain pihak untuk menunjukkan kemampuan pertahanan dan keamanan dalam menegakkan hak dan kedaulatan Negara Republik Indonesia.

Suatu hal yang sangat penting yang terkandung dalam wawasan nusantara adalah posisi yang diambil oleh Bangsa Indonesia  dalam mengartikan tanah air Indonesia sebagai satu kesatuan politik, kesatuan sosial budaya, kesatuan ekonomi dan kesatuan wilayah pertahanan dan keamanan.

Keamanan Nasional hakekatnya merupakan hasil upaya total yang mengintegrasikan segenap potensi dan kekuatan politik, ekonomi, sosial-budaya dan militer bagi kepentingan nasional. Setiap manusia Indonesia seluruhnya ataupun perorangan merupakan subyek maupun obyek yang utama, sehingga karenanya harus dibekali dan diperkuat untuk dapat menjalankan peranannya baik sebagai pelaku maupun sebagai benteng keamanan nasional. Dengan ideologi Pancasila dan nilai-nilai nasional lainnya sebagai bekal yang tangguh, serta dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan, diharapkan spontanitas dan militansi segenap rakyat Indonesia dapat dikerahkan dalam menghadapi setiap ancaman dan gangguan yang dapat membahayakan keamanan dan kelangsungan, hidup bangsa, tanpa mengenal menyerah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN