Mohon tunggu...
Marini Trianingsih
Marini Trianingsih Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

suka mendengarkan musik dan nonton film

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peningkatan Mutu Anak Sekolah Dasar Melalui Pendidikan Berkarakter

23 September 2022   14:41 Diperbarui: 23 September 2022   21:08 52 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada saat pandemi covid-19 seperti ini kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara daring. Sistem pembelajaran daring ini dengan kata lain adalah sistem pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh atau dengan memanfaatkan perkembangan teknologi, seperti pembelajaran dilakukan melalui Grup WhatsApp, Zoom Meeting, Google Classroom dan lain sebagainya. 

Dengan terjadinya sistem pembelajaran seperti, akibatnya peserta didik tidak dapat dipantau oleh guru atau dosen secara objektif, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran peserta didik banyak sekali melakukan kecurangan diantaranya tugas sekolah dikerjakan bukan oleh peserta didik itu sendiri, pada saat pelaksaan ujian peserta didik dengan bebas melihat google dan bekerjasama dengan teman-temannya yang lain sehingga ujian ini bukan lagi menjadi hal yang patut dijadikan sebagai acuan keberhasilan pembelajaran (Dr.Ir. Vina Serevina, MM. dan Dewi Nurhasanah. 18 November 2021. Pendidikan karakter Merupakan Solusi Problematika Pendidikan Saat ini. Kompasiana).

Pembelajaran seperti ini berdampak pada rusaknya moral siswa sehingga dalam sistem pendidikan jika moralnya rusak maka pendidikan dikatakan berada dalam kondisi buram atau keadaan sulit. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk mengatasi hal tersebut, yaitu dengan menciptakan atau menanamkan pendidikan berkarakter disemua tingkat pendidikan (Mulyasa, 2007: 17). 

Pendidikan berkarakter telah lama menjadi perhatian pemerintah. Dalam Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 pasal 1 yang berbunyi: Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Pendidikan berkarakter harus ditanamkan kepada anak mulai sejak dini. Dengan adanya motivasi-motivasi baru yang cepat dan tepat untuk menangani permasalahan yang ada di dunia pendidikan merupakan upaya yang bagus yang bisa dilakukan. Sebagai pendidik guru juga harus memiliki karakter dan perilaku yang baik sebagai contoh tindakan nyata sehingga para siswa dapat melakukan apa yang telah dicontohkan oleh para guru. Dalam kondisi pandemi covid-19 saat ini sikap dan pengembangan aspek sosial sangat dibutuhkan untuk dapat mewujdukan pendidikan karakter yang kokoh dan kuat untuk mencapai sistem pendidikan yang baik dan untuk meningkatkan kualitas mutu peserta didik itu sendiri.

Diharapkan penanaman dan peningkatan pendidikan kepada para peserta didik dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin agar sistem pendidikan yang ada di Indonesia dapat terus meningkat.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan