Mohon tunggu...
Marifatul Hidayah
Marifatul Hidayah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bismillah

Ma'rifatul Hidayah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Cara Mengatasi Konflik dalam Dunia Kerja

27 Oktober 2021   01:32 Diperbarui: 27 Oktober 2021   01:48 117 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: captivevoices.com

Dalam setiap pekerjaan pasti tidak jauh dari kata konflik, karena disetiap perusahaan pasti akan sering mengalami sebuah konflik yang tanpa kita sadari, karena sebuah konflik sering muncul jika setiap individu atau kelompok terkadang sering mengalami suatu kesalah pahaman, nah salah paham itu yang membuat timbulnya sebuah konflik, walaupun itu hanya sebuah salah paham, tetapi kalau suatu salah paham tidak di jelaskan dengan benar, maka konflik bisa saja semakin parah. Oleh karena itu perlunya kita untuk tidak berprasangka buruk terhadap semua orang, karena sifat prasangka buruk akan mengakibatkan timbulnya sebuah konflik.

Konflik bisa terjadi kalau hubungan atau komunikasi antara individu dan individu lain kurang baik, maka akan sulit untuk mencapai suatu tujuan bersama. Karena di dalam kehidupan sehari-hari kita tidak dapat terhindar dari suatu konflik, entah itu masalah keluarga, masalah pekerjaan, masalah lingkungan dan lain-lain, itu termasuk dalam jenis konflik sosial yang sering kali kita temui di lingkungan masyarakat. Oleh karena itu agar bisa menyelesaikan suatu konflik itu dengan baik, maka kita perlu untuk memahami dan mengetahui cara mengatasi konflik sosial yang terjadi dalam dunia pekerjaan.

Ada berbagai contoh konflik yang ada di sekitar kita, seperti konflik antar teman, antar daerah, dan lain-lain. Konflik ini akan menyebabkan ketidak baikan di dalam suatu hubungan, oleh karena itu kita harus mengatasinya jika konflik itu terjadi dalam kehidupan kita. Kemudian jika suatu konflik tidak segera diselesaikan, maka konflik tersebut akan memanjang yang akan susah nantinya dalam menyelesaikan. 

Kemudian selain itu, jika semakin cepat menyelesaikan konflik yang kita alami, maka akan semakin baik pula bagi semua orang, termasuk (lingkungan masyarakat dan lingkungan kerja) tersebut. Karena jika dalam suatu perusahaan mengalami sebuah konflik, maka dampaknya semua karyawan yang bekerja juga terkena dampaknya, karena adanya konflik itu pasti karyawan tidak mungkin bisa fokus dalam melakukan pekerjaan, karena yang mereka pikirkan adalah konflik yang sedang dialami, kemudian mereka juga khawatir, jika konflik tidak segerq diselesaikan, maka konflik akan semakin berlarut-larut dan bisa jadi nantinya susah dalam menyelasaikannya. 

Oleh karena itu suatu konflik harus segera diselesaikan dengan baik, agar tidak lagi mengganggu konsentrasi karyawan dalam bekerja, sehingga nantinya karyawan bisa bekerja dengan baik dan maksimal, dan karyawan tidak khawatir lagi dalam menjalankan pekerjaan.

Ada beberapa cara dalam mengatasi konflik dalam dunia kerja :
1. Menjalin hubungan baik terhadap semua orang
2. Tidak mementingkan kepentingan pribadi diatas kepentingan bersama
3. Melakukan sosialisasi tentang pentingnya berkomunikasi dengan baik
4. Tidak berprasangka buruk terhadap semua orang
5. Fokus dalam menyelesaikan konflik tersebut
6. Tidak mudah emosi dalam melakukan hal apapun
7. Menggunakan kepala dingin, dalam menyelesaikan masalah
8. Memahami masalah atau konflik tersebut
9. Fokus pada satu tujuan
10.Tidak membawa-bawa konflik keluarga, lingkingan masyarakat dalam dunia kerja
11. Tidak mudah salah paham
12. Tidak mengambil keputusan disaat marah atau emosi
13. Tidak menyebarkan sesuatu yang tidak benar.

Dalam menyelesaikan sebuah konflik, kita harus fokus dengan satu konflik atau masalah, kemudian jangan membawa-bawa masalah lain dalam proses penyelesaian konflik ini. Karena jika ada suatu individu membawa-bawa masalah pribadi, maka akan terjadi kekacauan dalam meyelesaikan konflik tersebut dan membuat konflik atau masalah ini tidak cepat terselesaikan dengan baik, dan bisa jadi akibat konflik tersebut dapat mengakibatkan terpecah belahnya kedua pihak, yang awalnya bersatu kemudian bisa terpecah akibat konflik tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan