Mohon tunggu...
Marida fitriani
Marida fitriani Mohon Tunggu... Informatif ,edukatif & bermanfaat

Yakin Usaha Sampai

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Ikhtiar " KPM Bermanfaat" Mahasiswa USCND

6 Maret 2021   06:01 Diperbarui: 6 Maret 2021   06:07 45 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ikhtiar " KPM Bermanfaat" Mahasiswa USCND
Bersama DPL KPM USCND (dok: Junaidi)

Alhamdulillaah , kegiatan whorkshop mentorship bagi DPL yang digelar selama 2 hari telah usai dilaksanakan dan menjadi ikhtiar KPM angkatan III USCND bermanfaat, Jumat (05/03/2021)

Hal ini menjadi bagian penting dalam proses persiapan pelaksanaan kuliah Pengabdian Masyarakat yang akan dilaksanakan oleh Mahasiswa.

(dok: Junaidi)
(dok: Junaidi)

Kegiatan tersebut diharapkan mampu memberikan manfaat dan pencerahan serta ilmu bagi para Dosen yang ditugaskan menjadi Pembimbing mahasiswa KPM yang ditempatkan di Aceh tamiang sejak 08 maret 2021.  

KPM yang diarahkan kepada bagaimana menyelesaikan masalah yang di hadapi masyarakat dengan memanfaatkan keahlian sivitas akademika yang relevan , pemanfaatan tekhnologi tepat guna, bahan pengembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang langsung dibutuhkan oleh masyarakat. Mengharuskan Para DPL mengarahkan mahasiswa ke hal tersebut.

Penyerahan sertifikat usai pemberian materi di kegiatan whorkshop mentorship (dok ; fitrie)
Penyerahan sertifikat usai pemberian materi di kegiatan whorkshop mentorship (dok ; fitrie)

Setidaknya ada 4 kegiatan yang mesti dilakukan oleh para mahasiswa dalam melakukan kegiatan KPM yaitu melakukan kegiatan/ program pelayanan kepada masyarakat, melakukan penerapan Ilmu pengetahuan dan tekhnologi sesuai bidang keahliannya , melakukan kegiatan dalam rangka peningkatan kapasitas masyarakat dan pemberdayaan masyarakat di mana mahasiswa tersebut di tempatkan.

Kegiatan / program Mahasiswa KPM itu sendiri harus terselenggara secara terarah , terukur dan terprogram sehingga memiliki nilai edukatif , objektif , akuntabel dan transparan.

Dan kemudian menjadi penilaian terhadap hasil pengabdian kepada masyarakat itu sendiri dengan melihat sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat terhadap program yang telah di lakukan , penilaian terhadap munculnya perubahan sikap , pengetahuan dan ketrampilan pada masyarakat sesuai dengan sasaran dari program itu sendiri.

Tidak hanya itu kehadiran mahasiswa KPM di Desa hendaknya menjadikan masyarakat mendapatkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi secara berkelanjutan.

Selain itu bagi masyarakat desa , mendapatkan solusi terhadap masalah- masalah sosial dan mungkin lebih dari itu berupa rekomendasi kebijakan yang tentunya dapat dimanfaatkan oleh pemangku kepentingan .
 
Semoga kehadiran DPL nantinya dapat mengarahkan para mahasiswa/i sehingga kehadiran mahasiswa di tengah- tengah masyarakat menjadikan sebuah ikhtiar "KPM Bermanfaat".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN