Mohon tunggu...
Maria UD
Maria UD Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

AtmaRewards: Kiat Jitu UAJY Tingkatkan Partisipasi Mahasiswa

23 Oktober 2018   16:15 Diperbarui: 23 Oktober 2018   16:22 259
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Sebagai salah satu universitas ternama di Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta memiliki segudang fasilitas yang menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Baik melalui fasilitas fisik maupun fasilitas online, seperti Situs Kuliah dan AtmaRewards.  

doc. pribadi
doc. pribadi
Situs Kuliah dan AtmaRewards merupakan fasilitas yang ditangani oleh Bidang Layanan Pengguna KSI Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Situs Kuliah merupakan sebuah website yang digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di lingkungan Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

"Situs Kuliah ini pada dasarnya untuk mempermudah dosen dan mahasiswa dalam proses belajar. Walaupun tidak semua dosen mau menggunakan Situs Kuliah ya, tapi dari pada harus nyolokin flashdisk sana sini malah berbagi virus. Atau harus mengumpulkan tugas dalam bentuk tulisan cetak, kan sulit juga dosen koreksinya. Kalo online kan jadi mudah, bisa dapat materi, mengerjakan tugas disatu tempat," ujar Sigit, selaku staff Bidang Layanan Pengguna.

Memang terkesan menarik dan mudah apabila menggunakan Situs Kuliah. Meskipun demikian, ternyata tingkat penggunaan layanan Situs Kuliah, baik dosen maupun mahasiswa masih di bawah 40%. Berawal dari hal tersebut, kepala KSI memutar otak untuk menemukan jalan keluar atas kondisi tersebut. AtmaRewards hadir sebagai solusi untuk mendorong mahasiswa dan dosen untuk aktif menggunakan layanan Situs Kuliah. 

  • AtmaRewards 

doc. pribadi
doc. pribadi
AtmaRewards merupakan sebuah aplikasi yang memberikan penghargaan berupa poin kepada penggunanya yang akrif menggunakan layanan Situs Kuliah UAJY. Poin yang telah dikumpulkan dapat ditukarkan dengan hadiah-hadiah seperti kaos, jaket dan smartphone.

AtmaRewards telah berdiri sejak 1 Juli 2015. Selama rentang waktu tersebut telah banyak hadiah yang diberikan kepada mahasiswa dan dosen. Hal serupa disampaikan oleh staff Bidang Layanan Pengguna KSI, Sigit. 

"Ribuan, karena sudah tiga periode. Dari awalnya hanya ada kaos dengan dua warna, biru dongker dan putih," 

Selama tiga tahun berdiri, AtmaRewards dinilai telah memperoleh tanggapan baik dari mahasiswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan banyaknya jumlah pengguna yang mengajukan pertanyaan, baik melalui Helpdesk KSI maupun menghubungi contact person KSI.

 Complain dari para pengguna justru diterima baik oleh Bidang Layanan Pengguna KSI. Hal ini dikarenakan adanya anggapan bahwa, semakin banyak aduan atau complain menunjukkan semakin banyak pengguna yang menggunakan layanan Situs Kuliah dan AtmaRewards. 

Kondisi ini diamati oleh Bidang Layanan Pengguna KSI ketika pihaknya sengaja menunjukkan berbagai macam hadiah yang bisa diperoleh melalui AtmaRewards melalui TV yang diletakan di berbagai titik di kampus Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Serta mempublikasikan melalui Instagram UAJY event. Pengadaan hadiah yang dilakukan hanya satu tahun sekali membuat pengguna AtmaRewards menunggu-nunggu hadirnya hadiah-hadiah yang ditampilkan tersebut. Padahal hadiah-hadiah tersebut belum tersedia di aplikasi AtmaRewards, karena memang belum waktunya untuk pengadaan hadiah. Hal inilah yang memicu aduan dari pengguna yang justru di tanggapi positif oleh pihak KSI.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun