Mohon tunggu...
Maria Tika Saraswati
Maria Tika Saraswati Mohon Tunggu... Mahasiswa

TIM II KKN UNDIP 2020

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Patut Dicontoh! Begini Langkah Mahasiswa KKN UNDIP Perangi Covid-19

11 Agustus 2020   14:33 Diperbarui: 11 Agustus 2020   14:53 21 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Patut Dicontoh! Begini Langkah Mahasiswa KKN UNDIP Perangi Covid-19
Penempelan poster di beberapa titik tertentu di wilayah RT 02 RW 05 Kelurahan Jomblang

Kelurahan Jomblang, Kota Semarang -- Universitas Diponegoro menyelenggarakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Pada tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGS)". Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2020 hingga 15 Agustus 2020 mendatang di wilayah tempat tinggal masing-masing mahasiswa. Salah satu wilayah yang menjadi tempat aktivitas KKN Mahasiswa Universitas Diponegoro adalah Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari, Kota Semarang.

Kelurahan Jomblang merupakan kelurahan dengan jumlah positif COVID-19 tertinggi di Kecamatan Candisari. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Semarang pada 13 Juli 2020, jumlah positif COVID-19 di Kelurahan Jomblang mencapai 8 orang. Pandemi  COVID-19 menyebabkan masyarakat harus sering menjaga pola hidup sehat agar daya tahan tubuh atau imun sehat dan tahan akan virus mapun bakteri, sedangkan tingkat kesadaran masyarakat saat ini masih rendah.

Maria Tika Saraswati sebagai salah satu mahasiswa KKN Tim II Undip Periode 2020 melaksanakan program kerja "Edukasi Gerakan Produktif dan Hidup Sehat di Tengah Pandemi COVID-19". Program kerja yang diusung ini dilakukan secara door to door karena tetap mengedapankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah yakni tidak boleh adanya kerumunan dalam satu lingkup kegiatan.

Pada tanggal 19 Juli 2020, mahasiswa Undip tersebut melaksanakan program dengan membagi poster secara door to door dan memberikan pemahaman agar bisa produktif dan hidup sehat di tengah pandemi COVID-19. Selain itu juga dilakukan dengan menempel poster di titik-titik tertentu di wilayah RT 02 RW 05 Kelurahan Jomblang. Maria juga membagikan masker kain secara gratis beserta tulisan cara pemakaian yang  benar kepada para warga yang berada di area Bundaran Cinde. Kegiatan ini diharapkan dapat meminimalisir penyebaran COVID-19 terutama di wilayah Kelurahan Jomblang.

Edukasi secara door to door tentang
Edukasi secara door to door tentang "Gerakan Produktif dan Hidup Sehat di Tengah Pandemi COVID-19"

Membagikan masker untuk warga RW 05 Kelurahan Jomblang yang tidak memakai masker di area Bundaran Cinde
Membagikan masker untuk warga RW 05 Kelurahan Jomblang yang tidak memakai masker di area Bundaran Cinde

Maria juga melaksanakan program kerja "Pemberdayaan UMKM dalam Menjaga Stabilitas Perekonomian Akibat Pandemi COVID-19". Program kerja yang diusung ini juga dilakukan secara door to door kepada UMKM yang ada di wilayah RT 02 RW 05 Kelurahan Jomblang. Mahasiswa Undip tersebut memberikan edukasi dan buku panduan pemasaran UMKM berbasis online kepada UMKM di wilayah RT 02 RW 05 yaitu UMKM Pisang Coklat, UMKM Jamu Temulawak, dan UMKM Kerajinan Menjahit.

Foto bersama Mbak Cindy pemilik UMKM Pisang Coklat di RT 02 RW 05 Kelurahan Jomblang
Foto bersama Mbak Cindy pemilik UMKM Pisang Coklat di RT 02 RW 05 Kelurahan Jomblang

Penulis: Maria Tika Saraswati (Administrasi Publik-FISIP- Universitas Diponegoro)

VIDEO PILIHAN