Maria Theresia Desy A
Maria Theresia Desy A mahasiswa

Mahasiswi Ilkom UAJY angkatan 2015 Komunikasi Strategis.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Berbagi Kebaikan melalui KAMAJAYA Scholarship

15 Maret 2018   17:11 Diperbarui: 15 Maret 2018   17:11 163 0 0
Berbagi Kebaikan melalui KAMAJAYA Scholarship
KAMAJAYA Scholarship (sumber : https://twitter.com/KAMAJAYASCH)

KAMAJAYA scholarship merupakan program sosial yang dibentuk oleh Keluarga Alumni Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta untuk membiayai mahasiswa UAJY.  Melalui beasiswa ini, mahasiswa UAJY yang berasal dari keluarga tidak mampu akan akan ditanggung biaya studinya hingga semester delapan.  

KAMAJAYA merupakan kependekan dari Keluarga Alumni Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang dibentuk pada 15-16 Mei 1985 pada Kongres I Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta di Wisma Realino Yogyakarta. Kongres I ini menghasilkan tujuan dibentunya KAMAJAYA. Seperti yang dicantumkan pada website resmi Kamajaya.id, salah satu tujuan dibentuknya KAMAJAYA berbunyi  "turut berperan serta dalam memberikan bantuan demi tercapainya segala tujuan dan tugas almamater , baik moral, dan spiritual".

Berangkat dari tujuan KAMAJAYA, program KAMAJAYA Scholarship terbentuk. Melalui program KAMAJAYA Scholarship, diharapkan alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta dapat membantu biaya studi mahasiswa UAJY yang berasal dari keluarga tidak mampu dengan menjadi donatur. Program ini juga menjadi sarana bagi alumni untuk berbakti dan tetap menjalin hubungan dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

KAMAJAYA Scholarship

Program KAMAJAYA scholarship ini terbentuk atas keprihatinan akan banyaknya mahasiswa yang terancam drop out karena tidak mampu membayar uang kuliah akibat masalah ekonomi pada keluarga mereka. Program KAMAJAYA scholarship yang dibentuk pada 31 Juli 2017, akan menanggung seluruh biaya studi hingga semester 8 atau maksimal 4 tahun masa studi. Biaya yang ditanggung berupa biaya SPP tetap, SPP variabel, biaya KKN, biaya wisuda, dan lain sebagainya. KAMAJAYA scholarship mempunyai prinsip keadilan, yaitu memberikan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa penerima beasiswa. Mahasiswa penerima KAMAJAYA scholarship periode kedua berjumlah enam orang dengan masing-masing kebutuhan yang berbeda.

Mengutip dari Kamajaya.id, adapun Visi dan Misi KAMAJAYA scholarship yang tercantum sebagai berikut :

Visi

"Menjadi Komunitas Pemberi dan Penerima Beasiswa KAMAJAYA yang berjiwa Unggul, Inklusif, dan Humanis, serta mampu memberi kontribusi yang nyata kepada nusa dan bangsa melalui pelayanan dalam cahaya kebenaran"

Misi

  • Memberikan beasiswa pendidikan sarjana di Universitas Atma Jaya Yogyakarta kepada anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu yang mempunyai potensi akademis yang baik
  • Menyiapkan calon pemimpin masa depan (future leaders) yang memiliki karakter yang kuat dan memiliki kompetensi yang baik
  • Menjadi program beasiswa abadi karena alumni dari program ini terus berkembang menjadi donatur bagi adik-adik penerima beasiswa KAMAJAYA selanjutny

Nilai-nilai yang kembangkan oleh KAMAJAYA scholarship adalah sebagai berikut :

  • Option for the Poor

            Memberikan kesempatan kepada mahasiswa UAJY yang berasal dari keluarga tidak mampu dan mempunyai prestasi akademis yang baik untuk                 menyelesaikan pendidikan Srata 1 di Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

  • The Power of Small

            Alumni berperan sebagai donatur dengan konsep donasi "urunan bareng-bareng" dan sifatnya sukarela.

  • Caring for Others

             Mahasiswa penerima beasiswa terlibat aktif dalam kegiatan KAMAJAYA untuk melayani sesama.

  • Pay It Forward

              Alumni yang mengikuti program ini dan sudah bekerja mempunyai kewajiban menjadi donatur untuk program beasiswa selanjutnya.

KAMAJAYA scholarship ini memprioritaskan  mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu dan mempunyai prestasi akademik yang baik. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi adalah IP minimal 3,00 setiap semester.  Namun bagi mahasiswa yang dikatakan kurang dalam prestasi akademik tetap bisa bergabung dalam KAMAJAYA scholarship namun diharapkan dapat meningkatkan prestasi setelah menerima beasiswa. Apabila mahasiswa penerima beasiswa tidak dapat meningkatkan maupun mempertahankan prestasinya maka beasiswa akan dihentikan dan mahasiswa diwajibkan membayar SPP tetap dan SPP variabel sesuai dengan semester yang tidak dapat memenuhi persyaratan IP setiap semesternya. 

Mahasiswa yang mendaftar KAMAJAYA scholarship harus mengikuti tiga tahap seleksi. Seleksi tahap pertama adalah mahasiswa mengisi data diri secara online melalui Aplikasi Scholarship Kamajaya (ASOKA) dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Seleksi tahap kedua adalah mahasiswa akan mengikuti wawancara dan mahasiswa yang mengikuti proses wawancara hanya mahasiswa yang memenuhi kriteria penerimaan KAMAJAYA scholarship. Seleksi tahap ketiga adalah setelah data mahasiswa dikumpulkan, pengurus melakukan verifikasi melalui media sosial dan mengunjungi tempat tinggal mahasiswa (khusus untuk mahasiswa yang tinggal di Jogja). Pengurus juga melaksanakan rapat pleno untuk memprioritaskan mahasiswa yang berhak menerima beasiswa. 

Pembinaan Karakter dan Pendampingan Rohani

Mahasiswa penerima KAMAJAYA scholarship tidak hanya menerima bantuan biaya studi namun mendapat pembinaan karakter dan pendampingan rohani berupa bimbingan dan konseling. Hal ini dilakukan agar mahasiswa diharapkan tumbuh menjadi pribadi yang berintegritas, mempunyai pengetahuan yang baik, mempunyai ketrampilan untuk menerapkan ilmu yang dipelajari selama kuliah, dan attitude meliputi sikap hidup yang baik dari sisi spiritualitas, emosional, dan kehidupan sosial. Pendampingan rohani dilakukan oleh Rm. Agus Widodo. Pr dan Suster Teresa, OP.

Bimbingan konseling ini dilakukan minimal satu semester satu kali. Konselor sebagai media untuk menggali pengalaman hidup mahasiswa baik masa lalu maupun masa kini. Pengalaman yang digali berupa data diri, keluarga, analisis SWOT pribadi, lingkungan hidup, riwayat pendidikan, kehidupan masa sekarang, dan keinginan di masa mendatang. Bimbingan konseling berguna agar mahasiswa dapat mengembangkan potensi yang ada dan memangkas serta mengobati masalah yang ada.

Donatur KAMAJAYA Scholarship

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2