Mohon tunggu...
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Mohon Tunggu... Human Resources - Blogger aktif. Untuk kerja sama bisa email di mariatanjung81@gmail.com

Saya tinggal di Surabaya. Pemilik 4 blog aktif Pembaca bisa mengunjungi blog saya di www.mariatanjungmenulis.xyz , www.curhatanku.com , www.mariatanjung.com dan www.keliling.my.id

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Self Talk, Bergunakah bagi Diri Sendiri?

2 Desember 2022   11:11 Diperbarui: 2 Desember 2022   17:51 658
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berbicara dengan diri sendiri secara positif adalah aspek penting jika mencari cara menghilangkan stres.(PEXELS/PAVEL DANILYUK)

Jadi saat ini banyak sekali istilah-istilah dalam bidang psikologi yang bermunculan di media sosial dan sering saya dengar. Sebut saja inner child, insecure dan juga self talk.

Istilah terakhir yaitu self talk yang mungkin sudah familiar di telinga beberapa orang. 

Self talk sendiri artinya adalah berbicara dengan diri sendiri. Dilansir dari situs gramedia.com, self talk memiliki pengertian dialog internal dengan diri sendiri, dimana dipengaruhi oleh pikiran alam bawah sadar, keyakinan, pertanyaan dan juga ungkapan pikiran.

Dulu saya berpikir untuk apa kita melakukan self talk? Bukankan berbicara dengan diri sendiri seolah mencari pembenaran atas segala masalah yang mungkin sedang kita alami. Namun ternyata saya keliru. Hal ini dikarenakan ketika kita berbicara dengan diri sendiri, kita akan bertanya apa sebenarnya yang kita mau dan inginkan.

Memang self talk sendiri bisa  bersifat positif maupun negative, tergantung kepribadian individu yang bersangkutan. Apabila individu tersebut memiliki sikap pesimis dalam hidup, bisa jadi self talk yang dilakukan tidak ada gunanya. Dirinya hanya akan terus berpikiran mengenai hal-hal negative dalam hidup, pertanyaan apakah dia mampu melewati segala ujian hidup dan sebagainya. Tidak ada harapan untuk masa depannya, dan segala ketakutan lainnya.

Namun jika self talk dilakukan oleh individu yang penuh rasa optimis, maka bisa jadi self love akan mendatangkan dampak positif. Kita dapat merumuskan tujuan hidup yang selama ini mungkin ada dalam daftar rencana masa depan. 

Lalu bagaimana cara saya dalam melakukan self talk:

Bertanya apa mau saya dalam hidup ini

Tentunya keinginan seseorang dalam hidupnya berbeda-beda. Ada yang punya cita-cita setinggi langit, ada yang hanya ingin tenang dalam hidupnya. 

Ada orang yang sangat berambisi dalam hidupnya sehingga cenderung ngoyo dalam hidup, namun tak jarang justru ada orang yang tak punya rencana apapun dalam hidupnya.

Jadi ketika Anda melakukan self talk, Anda akan lebih mengenal diri sendiri. Apa keinginan terdalam dari lubuk hati. Jika ternyata ada keinginan yang belum terwujud, selagi bisa diwujudkan maka lakukanlah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun