Mohon tunggu...
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Mohon Tunggu... Human Resources - Blogger aktif. Untuk kerja sama bisa email di mariatanjung81@gmail.com

Seorang blogger Surabaya yang terbiasa menulis di www.santaisore.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Manfaat Internet untuk Membuka Usaha Online di Masa Pandemi

3 Juli 2022   07:05 Diperbarui: 3 Juli 2022   07:07 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar : Pixabay

Tak ada yang tahu bahwa Maret 2020 akan menjadi awal pandemi terjadi di Indonesia. Hal ini berimbas pada sebagian sektor usaha. Banyak para pemilik usaha terpaksa merumahkan karyawan karena lesunya penjualan akibat dampak pandemi. Tak terkecuali suami teman saya yang harus dirumahkan selama beberapa bulan.

Dirumahkan tanpa mendapat gaji tentu membuat sebagian keluarga panik apalagi jika ada tanggungan seperti anak, orang tua dan pasangan. Sama halnya dengan teman saya yang harus menanggung orang tua dari pihaknya maupun pihak suami.

Bersyukur kita hidup di era mudahnya mendapat informasi dengan adanya internet. Harus diakui bahwa manfaat internet sangat terasa di saat pandemi tahun 2020 lalu.

Teman saya dan suaminya berinisiatif membuka usaha berjualan sembako secara online. Dengan memanfaatkan internet yang dipasang di rumah mereka, maka pesanan sembako pun mulai berdatangan. Kebetulan mereka berlangganan IndiHome di rumah, maka usaha warung sembako online pun bisa terealisasi.

Lalu mengapa berjualan sembako harus dilakukan secara online, berikut alasan teman saya :

  1. Untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan, tidak hanya sekadar di dalam kota saja
  2. Memudahkan warga sekitar memesan barang-barang kebutuhan bulanan yang diperlukan.

Niat teman saya dan suaminya pun terlaksana dengan pembukaan usaha kecil-kecilan di bidang penjualan sembako online itu. Yang terpenting adalah jaringan internet di smartphone mereka tidak boleh terputus. Hal ini untuk menghindari kegagalan pelanggan dalam memesan  bahan kebutuhan pokok yang dijual di warung sembako mereka.

Selain melayani kebutuhan sembako tetangga sekitar, teman saya pun mulai mendaftarkan warung mereka di beberapa marketplace untuk memperluas jaringan. Saya ikut senang manakala mendengar cerita teman bahwa produk sembako mereka mulai dilirik dan dibeli oleh warga luar kota.

IndiHome sebagai Internetnya Indonesia telah banyak membantu teman saya dalam mengatasi kesulitan finansial selama pandemi. Dengan jaringan yang selalu stabil, mempermudah pemasaran online sembako yang dijual oleh teman saya.

Telkom Indonesia sudah benar-benar nyata dalam memberikan layanan internet bagi seluruh masyarakat Indonesia yang ada di kota besar maupun di daerah-daerah.

Penutup

Demikian pengalaman hidup inspiratif yang dialami teman saya di masa pandemi. Bersama IndiHome Internetnya Indonesia, semua orang berkesempatan memiliki peluang untuk menciptakan kesempatan kerja dimana dapat membantu orang lain yang membutuhkan juga.

Semoga dapat menginspirasi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun