Mohon tunggu...
Maria Tanjung Sari
Maria Tanjung Sari Mohon Tunggu... Human Resources - Blogger aktif. Untuk kerja sama bisa email di mariatanjung81@gmail.com

Seorang blogger Surabaya yang terbiasa menulis di www.santaisore.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Asyiknya Ngeblog di Kompasiana

22 Januari 2022   13:07 Diperbarui: 22 Januari 2022   13:09 209
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source Picture: Pixabay

Keanggotaan saya di Kompasiana sebenarnya sudah sejak tahun 2019. Namun entah kenapa saya tidak pernah mengisi akun Kompasiana dengan tulisan-tulisan saya. Apakah karena saya sudah memiliki blog pribadi, atau karena alasan lainnya yang seolah menjadi pembenaran saja. Sampai akhirnya saya sharing dengan teman sesama blogger yang bernama Mbak Bayu Fitri dimana beliau juga merupakan Kompasioner yang aktif menulis.

Mbak Bayu mengatakan bahwa Kompasiana juga sering mengadakan lomba menulis dan saya harus sering-sering menengok informasi di situs tersebut. Maklumlah, tahun 2022 saya memiliki resolusi akan rutin mengikuti lomba blog demi mengasah kemampuan menulis yang masih banyak kekurangan ini.

Akhirnya saya pun mencoba mengaktifkan kembali akun Kompasiana yang seolah tertidur sekian tahun. 

Seperti yang dikatakan oleh Mbak Bayu, benar adanya Kompasiana beberapa kali mengadakan lomba menulis, sebut saja Asuransi Allianz dan JNE. Kedua lomba tersebut saya ketahui setelah aktif kembali menulis di Kompasiana. Bayangkan berapa banyak lomba lain di tahun-tahun sebelumnya yang diadakan oleh Kompasiana namun tidak saya ketahui. 

Rasanya rugi sekali 2 tahun saya meninggalkan Kompasiana. Namun tidak ada kata terlambat, saya berusaha mengejar ketertinggalan tersebut dengan mulai rutin kembali ngeblog di Kompasiana. 

Jadi resolusi tahun 2022 bisa dibilang saya harus mengaktifkan kembali kegiatan menulis di Kompasiana, di samping mengurus beberapa blog pribadi.

Mengapa Ingin Menulis di Kompasiana 

Sebenarnya menulis di platform manapun itu sama baiknya semua. Jika menulis di blog, maka saya bisa bersilaturahmi dengan blogger lain dalam kegiatan blogwalking, dimana saya sudah tergabung dalam beberapa grup blogwalking.

Namun dalam bulan Januari ini saya amati, bahwa ada banyak sekali manfaat ketika kita ngeblog di Kompasiana. Adapun manfaat tersebut antara lain:

  • Saling Mengenal Para Kompasioner Lain

Sebagai makhluk sosial tentu kita tidak dapat berdiri sendiri dalam hidup ini. Begitu juga ketika berkecimpung di dunia kepenulisan. Kita perlu teman untuk saling mendukung kegiatan menulis serta saling menguatkan apabila sedang dalam kondisi writer's block. Namanya dunia menulis tentu ada pasang surutnya dan tidak setiap saat kita berada pada mood yang bagus. Namun jangan juga menjadi pembenaran untuk tidak menulis. Karena jika itu passion Anda maka tidak akan ada beban ketika menulis.

Sebagai newbie di Kompasiana saya salut dengan konsistensi para Kompasioner yang rutin menulis di platform tersebut. Sebut saja Pak Tjiptadinata Effendi  yang konsisten memposting 2 tulisan setiap harinya. Padahal usia beliau sudah tidak muda lagi namun memiliki semangat yang tinggi untuk menulis. Apa kabar dengan saya yang menulis saja kadang masih aras-arasen kalau kata orang Jawa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun