Mohon tunggu...
Maria SeptiAnggraini
Maria SeptiAnggraini Mohon Tunggu... Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Katolik Musi Charitas Palembang

Industrial Engineering Universitas Katolik Musi Charitas Palembang

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Pentingnya Penerapan 5S untuk Meningkatkan Produktivitas di Perusahaan

24 Mei 2020   06:00 Diperbarui: 24 Mei 2020   07:29 76 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Penerapan 5S untuk Meningkatkan Produktivitas di Perusahaan
Sumber: Quibes.net 

Perusahaan merupakan suatu kumpulan dari fungsi-fungsi manajemen dan kumpulan dari orang-orang yang terlibat dalam suatu kegiatan untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Prakteknya, perusahaan membutuhkan sumber daya untuk menjalankan kegiatan bisnis. Salah satu sumber daya yang diperlukan untuk mengelola kegiatan bisnis suatu perusahaan daya manusia (SDM). SDM menjadi sangat penting perannya karena tanpa unsur ini, perusahaan tidak akan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan (Purwanggono, et al, 2014).

Perusahaan juga bisa dibilang tempat kerja yang mengartikan proses-proses dalam penyelenggaraan kegiatan seperti pengumpulan, pencatatan, pengolahan, penyimpanan maupun pendistribusian data. Itu semua tentunya tidak terlperas dari peran SDM (Sumber Daya Manusia). Sebagai upaya dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas, budaya perusahaan atau kerja dapat dijadikan alat dalam pencapaian sistem nilai bersama dan dapat dipergunakan oleh anggota organisasi sebagai pedoman mereka dalam menjalankan fungsinya sebagai anggota organisai (Purwanggono, 2014). Maka budaya kerja yang baik di dalam suatu perusahaan itu sangatlah dibutuhkan untuk tercapainya keteraturan dan kedisiplinan dalam suatu perusahaan, sehingga menimbulkan suasana yang aman dan nyaman, serta meningkatkan produktivitas kerja di dalam perusahaan.

Penjelasan 5S 

Untuk mendapatkan hal tersebut, khususnya dalam perwujudan untuk mengingkatkan produktvitias kerja didalam perusahaan, maka perlu menerapkan house keeping management dari Jepang dengan sebutan metode 5S (Seiiri, Seiton, Seiso, Seiketsu dan Shitsuke). Apa itu metode 5S ? metode 5S merupakan suatu metode penataan dan pemeliharaan wilayah kerja secara intesif yang berasal dari Jepang yang digunakan oleh manajemen dalam usaha memelihara, ketertiban, efisiensi, dan disiplin di lokasi kerja sekaligus meningkatkan kinerja perusahaan secara menyeluruh. Metode 5S dapat digunakan dan berfungsi sebagai awal dari pencegahanan dan kemudahan perusahaan dalam mendeteksi masalah yang akan timbul. Namun 5S tidak hanya berlaku pada perusahaan, melainkan juga dapat diterapkan diarea kantor bahkan digunakan untuk mengatur data pada harddrive komputer.

Manfaat 5S  

Adapun manfaat yang didapatkan ketika menerapkan 5S ini diperusahaan, yaitu:

a. Membuat area kerja lebih bersih, rapi, aman dan menyenangkan

b. Meningkatkan pemanfaatan lantai kerja sebagai ruang penyimpanan

c.  Meminimalisasi waktu terbuang untuk mencari alat kerja, material dan dokumen

d. Mengurangi kerusakan mesin karena peralatan selalu bersih dan terawat, sehingga membuat peralatan jadi lebih awet dan tahan lama.

e. Menumbuhkan tanggung jawah karyawan dan rasa memiliki area kerja

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN