Mohon tunggu...
Maria SellyGresy
Maria SellyGresy Mohon Tunggu... Selly

KKN UNS

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pencegahan dan Peningkatan Pemahaman Warga terhadap Covid-19 melalui KKN Covid UNS

11 Juli 2020   22:58 Diperbarui: 11 Juli 2020   22:50 9 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pencegahan dan Peningkatan Pemahaman Warga terhadap Covid-19 melalui KKN Covid UNS
Dok. pribadi

Temanggung (04/07/2020), Maria Selly Gresy seorang mahasiswa Program Studi Agroteknologi Angkatan 2017, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tengah pandemi COVID-19 bersama dengan dosen pembimbing lapangan Bapak WINARNO, S.Si., M.Eng. Berbagai kegiatan program kerja dari KKN Covid 19 UNS telah dilakukan di lingkungan RT 03/01 Desa Mungseng, Kecamatan Temanggung, Kabupaten Temanggung. Kegiatan dilakukan mulai dari 15 Mei-30 Juni 2020. Kegiatan KKN ini berbeda dengan KKN yang telah dilaksanakan sebelumnya. Jika sebelumnya mahasiswa secara berkelompok  dan terjun langsung ke berbagai daerah di Indonesia untuk mengabdi, kini setiap mahasiswa secara individu ditugaskan menjadi relawan UNS tanggap wabah COVID-19 ke wilayah masing-masing baik di tingkat RT, RW, maupun Desa dengan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kegiatan KKN dilaksanakan secara daring dan secara luring.

Tujuan utama dari program KKN ini yaitu pencegahan dan peningkatan pemahaman warga terhadap covid-19. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat khususnya warga RT yang masih kurang paham terhadap covid-19,pentingnya pencegahan, dan bagaimana cara pencegahan covid-19.  Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa yaitu (1) memberikan edukasi infografis secara online maupun offline tentang covid-19, (2) pendampingan perilaku hidup sehat (PHBS) dengan membuat tempat cuci tangan yang diletakkan di lingkungan RT dan dengan melakukan penyeprotan lingkungan secara periodic, (3) pemberdayaan UKM yang terdampak covid, (4) pembagian masker kepada warga RT, (5) edukasi ketahanan pangan dengan bercocok tanam dirumah, (6) pendampingan pendidikan. Program kerja tersebut dilakukan secara online melalui media sosial seperti whatsApp grup dan Instagram untuk menghindari warga berkumpul sebagai upaya penerapan physical distancing guna mencegah penularan COVID-19.

Dengan adanya beberapa program kerja, mendapat apresiasi dari Ketua RT dan semua warga RT. Dengan adanya KKN Covid yang dilaksanakan dapat memfasilitasi warga dan dapat memberikan informasi-informasi mengenai covid-19, sehingga warga mulai paham dan melakukan berbagai macam hal untuk memutus penyebaran rantai covid-19. Setelah adanya KKN, warga RT 03/01 Desa Mungseng mulai melaksanakan protokol kesehatan yaitu dengan memakai masker saat keluar rumah, melakukan physical distancing, dan mencuci tangan setelah melakukan berbagai aktivitas.

VIDEO PILIHAN