Mohon tunggu...
Mariana Rina
Mariana Rina Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Terharu dengan Dukungan Mizanstore terhadap Gerakan Literasi Lokal

25 Juni 2018   15:27 Diperbarui: 26 Juni 2018   14:25 679
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
bantu gerakan literasi lokal di sekitarmu! (ilustrasi dari pexels.com)

Beberapa waktu yang lalu, Mizan Grup, salah satu grup penerbit terbesar di Indonesia, tengah merayakan hari ulang tahunnya. Di hari ulang tahunnya yang ke-35, Mizan mengadakan promo besar-besaran: diskon untuk semua buku Mizan Grup sebesar 35%. Tentu sebagai pencinta literasi, saya tak mau ketinggalan untuk mengikuti diskon ini.

Selain mengadakan diskon yang "legit", Mizan Grup melalui Mizanstore---toko buku online yang menjual buku-buku Mizan Grup serta penerbit lainnya---mengadakan lomba blog review yang berhadiah paket buku senilai 700ribu rupiah. Sebuah nilai yang sangat besar tentu saja!

Sayang, waktu itu, saya sedang banyak pekerjaan sehingga tidak punya waktu luang untuk mengikuti lombanya. Awalnya saya pikir, lomba review ini hanya berisi review belanja online saja. Ternyata saya salah menilai.

Buktinya, ketika melihat daftar pemenangnya, saya tertarik membaca artikel yang berjudul "Memuluskan Gerakan 1W1B" yang menjadi juara kedua.

Saya sangat terharu membaca tulisan tersebut. Jujur, saya melihat gerakan literasi yang dilakukan oleh perseorangan seringkali terhambat berbagai kendala. Kendala penyediaan buku, misalnya, tentu juga karena terpentok masalah biaya.

Ketika hendak membuat gerakan sadar membaca, biasanya pendekatan dimulai dengan kita---sebagai pihak yang membuat gerakan literasi ini---harus menyediakan buku-buku berkualitas untuk dibaca secara cuma-cuma untuk mereka---pihak yang hendak disasar untuk menjadi pembaca.

Masalah pertama: buku berkualitas biasanya dijual dengan harga yang tinggi. Istilahnya "ada uang, ada barang". Nah bagaimana bisa menyediakan buku berkualitas, tetapi dengan harga yang pas supaya gerakan literasi dapat berjalan selaras?

Dari artikel yang saya baca itu, saya baru tahu bahwa Mizanstore.com menyediakan berbagai buku berkualitas dengan harga yang murah. Selain buku regular yang dijual lebih murah 15% daripada harga pada umumnya, Mizanstore juga menjual buku-buku murah mulai dari harga 5ribu rupiah!

Hal ini tentu membantu karena buku murah tersebut sangat berguna, terutama bagi mereka yang hendak membuka perpustakaan umum.

Titik Cerah untuk Gerakan Literasi Lokal di Indonesia

Kembali pada gerakan 1W1B ini, kemungkinan besar alasannya bisa menjadi pemenang menurut saya karena gerakan yang berusaha dipopulerkan ini terlihat punya masa depan yang sangat baik. Tentunya untuk mendukung gerakan tersebut, dukungan sangat diperlukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun