Mohon tunggu...
MariaKharismat
MariaKharismat Mohon Tunggu... Live Lofe Life

Let's all begin...

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Salah Satu Upaya Merawat Mesin dengan Memilih Bahan Bakar yang Tepat

10 Juni 2019   11:14 Diperbarui: 10 Juni 2019   11:18 0 0 0 Mohon Tunggu...

Merawat mesin kendaraan memang susah-susah gampang, menjadi susah dan memakan waktu banyak kalau perawatan tidak dilakukan dengan rutin yang berakibat kendaraan jadi 'ngambek', kalau mudah tentu saja karena rutin dilakukan perawatan maka kendaraan juga menjadi lebih santai serta yang penting jarang 'ngambek'. Menjelang mudik perawatan tentu penting dilakukan supaya perjalanan ke kampung halaman menjadi aman dan selamat.

Entah kendaraan roda empat adalah matic atau manual perawatan yang dilakukan sebenarnya mirip-mirip kayak misalnya rutin mengecek dan mengganti oli mesin, jangan sampai kendaraan kurang pelumas. Lalu kalau mobil matic selalu cek oli transmisi juga penting untuk dilakukan, sedangkan untuk mobil manual mengecek filter karburator juga jangan sampai kelewatan, karena akan berakibat pada mobil yang susah dihidupkan atau yang lebih parah mogoknya.

Lalu penggunaan bahan bakar juga penting untuk diperhatikan apapun jenis kendaraannya, karena 'hidup'nya mesin salah satunya juga bersumber dari sini. Pilihlah bahan bakar dengan teknologi tertentu yang memiliki molekul pembersih di mana bisa membersihkan endapan hingga mengurangi gesekan yang bermanfaat untuk efisiensi dan performa mesin yang semakin baik.

Jadi nggak perlu khawatir kalau mengisi bahan bakar nggak full tank, karena tangki bahan bakar bagian atas tetap bersih. Namun, yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai tangki bensin dalam keadaan kosong, kalau indikator sudah menunjukan bensin hampir kosong maka segeralah megisinya supaya mesin nggak mengalami kerusakan. Yang selanjutnya adalah kopling dan kampas koplingnya, lakukan pengecekan secara berkala dan diganti kalau sudah aus.