Mohon tunggu...
Maria GabriellaMurdiani
Maria GabriellaMurdiani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Prinsip Menulis Naskah Digital

7 Desember 2020   17:21 Diperbarui: 7 Desember 2020   17:30 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Seperti yang sudah kita diketahui, bahwa saat ini penulisan digital sangat berguna. Sebelum mulai menulis naskah digital kita perlu mengetahui prinsip-prinsip penulisan digital. Berikut beberapa prinsip-prinisp yang perlul diperhatikan!

Terdapat Delapan prinsip penulisan digital menurut Carroll (2010: 7-13). Delapan prinsip ini berfungsi bagi penulisan-penulisan di media digital dan juga bagi kondisi-kondisi pembaca.

1. Singkat

Tulisan digital yang dibuat harus singkat, padat, dan jelas hal ini berguna agar pembaca mudah memahami tulisan yang dibuat dan tak jenuh membaca. Dengan begita tulisan yang dibuat jangan bertele-tele.

2. Tepat

Pemilihan diksi kata pun harus diperhatikan agar persepsi penulis dan pembaca sama.

3. Penggunaan Kalimat Aktif

Penggunaan kalimat aktif pada naskah digital menjadi lebih terasa atau bernyawa sehingga dapat membuat pembaca merasa memiliki emosi yang sama dengan pesan yang disampaikan.

4. Imajinatif

Penulis dapat menggunakan imajinasinya untuk menyampaikan pesan dengan menggunakan analogi maupun metafora agar pembaca tertarik untuk membaca lebih lanjut.

5. Langsung

Pembahasan penulisan digital jangan bertele-tele dengan pengantar, agar pembaca tidak mudah bosan. Maka tulisan digital dapat dibuat lebih singkat dengan langsung ke inti pembahasan.

6. Konsisten

Penulis harus konsisten dalam menulis pesan yang ingin disampaikan. Selain konsisten dengan alur pesan, penulis juga perlu konsisten pada pemilihan diksi kata yang dipilih.

7. Waspada

Penulis perlu waspada pada etika penulisan, seperti plagiarisme, generalisasi atau stereotyping, dan kebenaran atau fakta dari tulisan yang dibuat. 

8. Ringkas  

Tulisan yang dibuat perlu menghindari paragraf-paragraf panjang, agar pembaca tak malas untuk membaca. Dikarenakan masyarakat masa kini tak memiliki banyak waktu untuk membaca.

Sekian beberapa tips untuk teman-teman yang ingin memulai menulis naskah digital !

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun