Mohon tunggu...
Maria Fernanda
Maria Fernanda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Komunikasi yang Efektif dalam Kepemimpinan

4 Agustus 2021   19:30 Diperbarui: 4 Agustus 2021   19:40 110 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Komunikasi yang Efektif dalam Kepemimpinan
https://rri.co.id/

Ada beberapa keterampilan yang perlu dimiliki seseorang pemimpin, salah satunya ialah kemampuan berkomunikasi. Keterampilan komunikasi yang dapat memungkinkan seorang pemimpin dapat mampu membicarakan pesan menggunakan kentara dan merealisasikan setiap tanggung jawabnya dengan sebaik mungkin.

Dalam keterampilan komunikasi terdapat beberapa teori yang perlu dikuasai sang seseorang pemimpin. Berikut terdapat 5 teknik komunikasi yang pada umumnya harus dimiliki seorang pemimpin:

  • Gunakan bahasa tubuh menggunakan benar

Ada fakta yang perlu diketahui bahwa hampir kurang lebih 97% dari seluruh komunikasi merupakan bahasa non-verbal. Ini bukan apa yang kita utarakan kepada orang lain, namun pesan yang disampaikan kepada orang lain tanpa mengucapkan sepatah katapun. Terapkan bahasa tubuh dasar yang baik yaitu tersenyum, berjabat tangan melakukan kontak mata.

  • Mengakui orang lain

Sikap mengakui orang lain adalah ketika kita memberikan kesempatkan kepada seseorang untuk menyampaikan sesuatu yang hebat mengenai dirinya lalu kita memberikan pengakuan pada orang lain  buat agar  bermanfaat menurut mereka, namun kita wajib  melakukannya lantaran tulus. Temukan hal yang baik pada pada diri seorang dan katakan pada mereka mengenai betapa hebatnya hal itu.

Seorang pemimpin terbaik merupakan mereka yang mempunyai keahlian berkomunikasi hebat. Sebagai seseorang pemimpin, maka kita harus memproyeksikan kepemimpinan yang diambil dengan cara menggunakan kemampuan komunikasi baik. Kuncinya merupakan mulailah berkomunikasi menggunakan bunyi yang jelas, percaya diri, bertindak sinkron menggunakan apa yang kita sampaikan, mendengarkan umpan pulang menurut orang lain, dan lain sebagainya. Teknik komunikasi yang baik memungkinkan seseorang pemimpin buat membicarakan pesan menggunakan jelas, menaruh dampak, dan menaruh wangsit pada anggota tim.

  • Menginspirasi orang lain menggunakan inspirasi

Mulailah memberikan inspirasi dan pemikiran yang dimiliki pada orang lain. Setiap orang mempunyai inspirasi, namun yang layak buat dibagikan merupakan inspirasi yang menginspirasi.

  • Percaya diri ketika berbicara pada didepan orang banyak

Kemampuan berbicara  dihadapan orang banyak adalah salah satu bentuk komunikasi yang paling kuat. Salah satu ketakutan terbesar yang dihadapi ialah berbicara  dihadapan banyak orang. Namun, kita perlu melakukan hal ini buat menaruh dampak positif dan menginspirasi orang lain sekaligus.

Selain itu, Komunikasi yang efektif tidak kalah penting untuk dimiliki oleh para pemimpin. Sudah bukan misteri lagi bahwa sebagai seorang pemimpin yang baik juga adalah seorang komunikator yang tangguh dan pemimpin sudah mengusut komunikasi efektif ini baik waktu berbicara dan juga menulis. Berikut 5 cara buat melatih kemampuan komunikasi kita buat sebagai pemimpin yang efektif:

  • Hilangkan jenjang antara istilah-istilah dan tindakan

Semua mengenai kepercayaan, saat kita ingin anak butir kita mengikuti kepemimpinan kita. Perilaku kita merupakan cara berkomunikasi yang primer dan saat tindakan kita bukan keputusan bulat menggunakan istilah-istilah kita, maka yang terdapat hanya perkara. Mulailah berdasarkan kini   buat menghilangkan jeda antara istilah-istilah dan tindakan.

  • Perhatikan menggunakan mata dan telinga

Berhentilah, lihatlah, dan dengarlah. Ingatlah bahwa komunikasi efektif haruslah dua arah. Pemimpin yang baik memahami cara menanyakan pertanyaan yang baik dan lalu mendengarkan menggunakan mata dan telinga.

  • Dapatkan bahasa kita sendiri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan