Mohon tunggu...
Maria Da Costa
Maria Da Costa Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Just be yourself

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Tak Hanya Sekadar Komedi, Ini Dia Ciri Khas Ernest Prakasa sebagai Auteur Indonesia!

25 September 2021   20:37 Diperbarui: 25 September 2021   20:45 195 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tak Hanya Sekadar Komedi, Ini Dia Ciri Khas Ernest Prakasa sebagai Auteur Indonesia!
Ernest Prakasa. Sumber: movieden.net

Film merupakan suatu karya seni yang banyak diminati orang-orang, khususnya masyarakat Indonesia. Untuk menghasilkan suatu film yang bagus dan kreatif, tentunya dibutuhkan seorang sutradara yang handal.

Sutradara memegang peranan penting dalam sebuah film. Hal ini tidak terlepas dari teori Auteur. Lantas Apa itu teori Auteur? Siapa sutradara Indonesia yang layak dianggap sebagai seorang auteur? Mari kita bahas!

Teori Auteur

Istilah Auteur muncul pertama kali di Perancis yang dipopulerkan oleh Francois Truffaut (1984). Teori Auteur adalah teori di mana sutradara menjadi seseorang yang dipandang memiliki kekuatan kreatif utama dalam suatu film.

Teori auteur (Stam, h.84, 2000) menyebut bahwa sutradara akan menunjukkan kepribadian gaya dan tematik yang bisa dikenali dalam karya filmnya. Auteurisme mengalihkan perhatian dari "apa" (cerita, tema) ke "bagaimana" (gaya, teknik). Pembuat film seperti Eisenstein, Renoir, dan Welles dianggap sebagai auteur karena mereka dikenal menikmati kontrol artistik atas produksi mereka sendiri.

Auteur menekankan gaya pribadi dan mise-en-scne. Auteur menggunakan mise-en-scne sebagai bagian dari ekspresi diri. Hal ini menjadi ciri khas dari sutaradara

Stokes dalam Alfathoni dan Manesah (2007), menjelaskan bahwa teori Auteur adalah teori yang menganggap bahwa sutradara merupakan orang yang paling berpengaruh dan bertanggung jawab terhadap bentuk, makna, dan gaya film. Artinya adegan pada sebuh film menjadi cerminan dari perasaan dan gaya berpfikir sutradara.

Auteur merupakan istilah yang menggambarkan sutradara sebagai orang yang memberikan kontrol tingkat tinggi di semua aspek film. Artinya sutradara auteur pada umumnya memiliki gaya khas dari film ke film dan tidak hanya berperan sebagai pengarah tetapi juga sebagai penulis, editor, dan kadang-kadang bertindak dalam film mereka sendiri.

Dapat disimpulkan bahwa Teori Auteur merupakan teori yang berkeyakinan bahwa sutradara memiliki peran, tanggung jawab, dan pengaruh yang penting dalam suatu film.

Ernest Prakasa, seorang Auteur Indonesia

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan