Mohon tunggu...
Maria Aufrida Ardhieawati
Maria Aufrida Ardhieawati Mohon Tunggu... Halo!

Mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang mondar-mandir di depan laptop.

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

Bongkar Budaya Ketidakpastian dalam Tell Me Who I am (2019)

13 Oktober 2020   20:56 Diperbarui: 14 Oktober 2020   05:47 89 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bongkar Budaya Ketidakpastian dalam Tell Me Who I am (2019)
sumber : https://bestmoviecast.com/tell-me-who-i-am-2019/ 

Tenggelam dalam ketidaktahuan ternyata lebih buruk daripada sebuah jawaban. 'Tell me Who I am' (2019) film dokumenter ini  hendak membongkar sebuah ketidakpastian dari sang tokoh, Alex.

Saudara kembar identik, tinggal bersama, memiliki ikatan emosional yang sama, apapun dilakukan secara bersama, itulah gambaran dari hubungan Alex dan Marcus ini. 

'Tell Me Who I am' film dokumenter yang mendapatkan penghargaan ini mencoba membuat kita bermain-main dengan kalimat tanya "Ada apa sebenarnya?"

Dimensi Budaya Hofstede

Pertanyaan besar seperti itu rasanya sama persis dengan dimensi budaya dari Hofstede. Pengelakan terhadap ketidakpastian (Armia, 2002, h.107) menunjukkan masyarakat yang dihadapkan dengan budaya tidak terstruktur, tidak jelas, bahkan tidak dapat diramalkan.

Dinamika yang diperlihatkan juga termasuk bagaimana seseorang berusaha mengatasi perasaan cemas dan mengurangi ketidakpastian yang dihadapi.

Teori pengurangan ketidakpastiaan atau reduction theory menurut Charles dan Richard Calbrese (Anazuhriah, 2019, h. 37) dalam konteks interpersonal mengacu pada bagaimana seseorang melakukan prediksi tentang perilaku seseorang.

Salah satu cara aktif dalam mengurangi ketidakpastian seperti pertama, aktif bertanya kepada seseorang yang ingin didapatkan informasinya. Tujuannya jelas untuk mengumpulkan informasi tentang orang tersebut.

Kedua, kegiatan mengungkapkan segala informasi diri lalu terbuka dengan orang lain. Tentunya kegiatan ini mengharapkan orang lain juga melakukan hal yang sama.

Komunikasi memerankan peran penting dalam proses mengurangi ketidakpastian. Alex dan Marcus kemudian dipertemukan untuk menceritakan segala hal yang terjadi dalam kehidupan mereka berdua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x