Mohon tunggu...
Herlina Hesti
Herlina Hesti Mohon Tunggu... Guru - Hesti

Less is moreπŸ’“

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Cara agar Mudah Langsing dengan Pola Pikir

12 Juli 2022   20:49 Diperbarui: 12 Juli 2022   20:50 110 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Hidup ini indah dan penuh penuh warna dan warni, dari banyaknya warna warni kehidupan tentunya ada berbagai suasana hati dimana terkadang membuat anda senang untuk hidup dan bertahan lebih lama, namun ada juga yang enggan hidup lebih lama karena sebuah perasaan yang tidak diinginkan yang sering mengganggu, menyelimuti dan memeluk anda dengan eratnya.

Dari perasaan yang tidak diinginkan tersebut, ada yang berhasil dengan cepat keluar dan menemukan kebahagiaan, ada juga yang membiarkan perasaan tersebut untuk tinggal lebih lama dan berkembang bersamanya. Namun sesungguhnya bahwa semua orang mempunyai kemampuan untuk menemukan kebahagiaan dan bisa menyingkirkan jauh-jauh perasaan tidak diinginkan tersebut.

Efek dari kesulitan orang untuk keluar dari situasi yang tidak diinginkan orang mulai menyalakan diri, menyalahkan waktu, keadaan dan lain-lain. Jika dilihat kembali hal tersebut tidak dapat diputar untuk mengulang kembali dan menjadi lebih baik sesuai dengan apa yang diinginkan. Anda hanya bisa memperbaiki diri untuk lebih baik pada saat ini dan kedepannya.

Sebagai contoh, anda terus merasa bersalah setelah mengkonsumsi makanan yang menyebabkan anda kelebihan berat badan dan sakit karena makanan. Dalam hal ini sebenarnya anda secara sadar sudah tahu jenis makanan apa yang membuat anda menjadi kelebihan berat badan dan menjadi sakit. Β 

Lalu apa sebenarnya permasalahan tersebut, jika dilihat anda seperti berjalan memutar-mutar di sebuah lingkaran yang tak ada ujungnya, seperti mencari sesuatu tapi anda sendiri bingung apa yang sebenarnya anda cari.

Dari masalah tersebut yang menjadi akar permasalahannya adalah pola pikir anda sendiri. Anda terlihat sangat menyedihkan dimana selalu terus dikerjain oleh otak anda yang membawa anda ke jalan yang tidak diinginkan, dari masalah tersebut formulanya sangat mudah. Anda cukup menuntun pola pikir anda dengan mengatakan dengan tegas "kita seharusnya tidak menderita seperti ini, kita harus bahagia" maka dengan begitu pola pikir anda akan membawa anda ke tujuan mulia anda. Ya, kedengaran begitu mudah jika membaca kalimat sepanggal di atas tapi itulah kekuatan dari pola pikir.

Akhir-akhir ini kita sering mendengar, melihat, atau bahkan mengalami bahwa sebagian besar orang bahkan hampir semua orang menginginkan kesehatan beberapa orang mengatakan "kesehatan adalah segala-galanya" dengan begitu orang biasanya mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan kesehatan tersebut.

Ada orang yang terus menjaga kesehatan dengan mempelajari jenis makanan yang membawa mereka ke sesuatu hal yang baik untuk tubuh, dan membawa mereka mencapai tujuan yang diinginkan yaitu 'langsing' mereka tersebut adalah orang yang selalu menuntun dan mengatur pola pikirnya pada jenis makanan yang membawa mereka pada tujuan yang diinginkan.

Namun herannya orang-orang tersebut dimata orang lain mereka terlihat menyedihkan, membosankan karena membatasi mengkonsumsi makanan. Sering terdengar mereka mengatakan "apakah anda tidak bosan mengkonsumsi makanan itu-itu saja (jenis makanan alami bebas dari bahan kimia)" tapi secara tidak sadar orang tersebut juga mengkonsumsi makanan yang itu-itu saja tapi tidak sehat yang membuat dirinya kemungkinan bisa sakit dan sebagian besar orang mengalami kenaikan berat badan.

Disisi lain, ada orang dengan mudah tidak terpengaruh oleh orang lain, saat melihat makanan yang dikonsumsi terlihat menarik, lezat dan menggiurkan. Yang bagi sebagian orang adalah sebuah ketidak beruntungan jika tidak mengkonsumsi makanan tersebut.

Lalu, apa formula menuntun pola pikir anda agar konsisten mengkonsumsi sesuatu yang baik untuk tubuh? Ya... Tentunya yang pertama adalah kita sebagai manusia tentunya meminta dukungan dan dorongan bagi orang lain. Mintalah sang penolong yang selalu setia kepada anda, yang selalu ada kapan dan dimana pun anda membutuhkan. Ya, dia adalah Tuhan. Mintalah campur tangan-Nya untuk anda mengkonsumsi makanan yang tepat yang anda sudah pelajari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan