Mohon tunggu...
Maria Olive
Maria Olive Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Anak yang suka mengamati permasalahan sosial

Berharap tulisanku bisa bermanfaat untuk banyak orang. Apa yang aku tulis di sini adalah hasil pendapatku sendiri, hasil dari pengamatan aku dan hasil dari kegiatan belajarku. Minat di bidang pendidikan dan sosial. Senang belajar dan mencoba hal baru. Semoga aku bisa terus memotivasi teman-teman semua:) Jangan pernah takut untuk bermimpi! Karena mimpi adalah awal dari kesuksesan untuk dia yang mau berjuang keras.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Apa yang Menjadikanmu Suka Menulis?

16 Juni 2021   20:20 Diperbarui: 16 Juni 2021   20:35 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Halo teman-teman..

Kali ini aku mau membagikan sedikit kisahku dan proses bagaimana aku bisa suka menulis. Teman-teman di sini ada yang suka menulis juga?

Menulis adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Kita bisa menulis kapan dan di mana pun kita mau. Menulis juga mempunyai banyak manfaat. Itulah sebabnya aku suka menulis.

Awalnya aku hanya anak yang suka membaca, baik itu buku nonfiksi atau pun buku fiksi. Tahun lalu ketika covid-19 baru ada di Indonesia, entah ide datang dari mana tiba-tiba aku ingin menjadi seorang penulis. Karena aku suka baca novel, jadinya aku ingin juga suatu saat bisa menerbitkan novel.

Aku sendiri sebenarnya tidak merasa bahwa aku ada bakat menulis. Tapi aku menjadikan kegiatan menulis ini sebagai kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan, terlebih saat waktu luang. Dari dulu aku suka menulis diary. Aku suka menulis semua hal yang terjadi denganku. Rasanya lega, karena aku bisa mencurahkan apa yang aku rasakan dan apa yang aku pendam selama ini, walaupun hanya dalam bentuk tulisan. Apakah di antara kalian ada yang merasakan hal yang sama denganku?

Selain itu aku juga sering berkhayal wkwk. Jadi terkadang aku suka menyusun suatu cerita di dalam otakku. Nah suatu hari aku berpikir, kenapa cerita itu ngga aku tulis saja. Jadi, waktu itu aku mulai untuk menulis cerita fiksi. Namun, untuk saat ini aku merasa kurang cocok untuk menulis cerita fiksi. 

Aku lebih suka menulis tentang pengetahuan atau menulis tentang pengalaman pribadiku. Kemudian suatu hari aku dapat informasi dari teman mengenai Kompasiana ini dan aku tertarik untuk bergabung juga menulis di Kompasiana. Akhirnya sejak beberapa waktu yang lalu aku mulai untuk menulis artikel. Kegiatan menulis artikel ini aku jadikan sebagai cara aku untuk belajar menulis agar tulisanku ini semakin baik untuk ke depan.

Nah buat teman-teman yang suka menulis juga, semangat selalu ya. Enjoy aja ketika menulis, tidak usah dipikir terlalu dalam tetapi biarkanlah jari-jemari kalian menari dengan sendirinya di atas kertas (atau di atas keyboard Hp/laptop

 ya wkwk). Dengan itu kata-kata yang ingin kalian tulis akan mengalir dengan sendirinya dan tulisan kalian akan semakin bermakna.

Nah aku sendiri suka membayangkan kegiatan menulis ini seperti ketika aku bercerita secara langsung dengan orang lain.  

Semua orang memang bisa menulis. Tapi, kalau kita ingin menjadi penulis yang hebat maka kita harus berusaha untuk terus belajar dan konsisten dalam menulis. Jangan sampai semangat kita hanya di awal saja dan ketika memasuki masa pertengahan eh malah berhenti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun